Deretan Calon Menteri Prabowo yang Berasal dari Jakarta, Fadli Zon hingga Rosan Roeslani
Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto- Presiden terpilih Prabowo Subianto telah memanggil para calon menteri kabinetnya di kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024) kemarin.  
14:57
16 Oktober 2024

Deretan Calon Menteri Prabowo yang Berasal dari Jakarta, Fadli Zon hingga Rosan Roeslani

- Presiden terpilih Prabowo Subianto telah memanggil para calon menteri kabinetnya di kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024) kemarin. 

Para menteri saat ini tengah melakukan pembekalan di kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, Jawa Barat pada Rabu (16/10/2024). 

49 calon menteri yang dipanggil Prabowo berasal dari beragam daerah, Jawa hingga Papua. 

Menurut penelusuran Tribunnews.com, tujuh tokoh diantaranya merupakan kelahiran Jakarta. 

Sebagian dari mereka merupakan menteri-menteri era Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin. 

Mereka yakni, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon; Sekjen Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya; Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang

Adapula Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, Budi Santoso, Menteri Investasi/BKPM Rosan Roeslani;  Menteri Pemuda dan Olahraga,Dito Ariotedjo dan Menteri BUMN, Erick Thohir. 

  1. Fadli Zon

Fadli Zon merupakan pria kelahiran Jakarta, 1 Juni 1971. 

Wakil ketua umum Partai Gerindra ini diminta membantu Prabowo dalam bidang yang selama ini digelutinya.

"Mengurusi berbagai macam heritage dan lain-lain, ya, kita lihat nanti," terangnya di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024) sore.

Pria berusia 53 tahun itu merupakan politikus Gerindra yang juga turut mendirikan Partai Gerindra pada 2008. 

Fadli memulai karier politiknya di DPR sebagai anggota MPR RI periode (1997-1999).

Pada Pemilu 2014, dirinya diangkat sebagai Wakil Ketua DPR periode 2014-2019.

Kemudian, Fadli Zon menjabat sebagai Plt. Ketua DPR RI sebanyak dua kali (2015-2016 dan 2017-2018).

Pada Pemilu 2019, dirinya kembali terpilih sebagai anggota DPRI RI sekaligus dilantik sebagai Ketua Panitia Kerja Sama Antar Parlemen DPR (2019-2024) serta menjadi anggota Komite Pertahanan, Luar Negeri dan Informasi.

Sementara itu, pada Pemilu 2024, dirinya lolos sebagai anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat V.

2. Teuku Riefky Harsya 

Teuku Riefky merupakan pria kelahiran Jakarta pada 28 Juni 1972. 

Sekjen Partai Demokrat ini diminta Prabowo untuk membantu terkait ekonomi kreatif. 

Dikutip dari laman resmi Partai Demokrat, Teuku merupakan lulusan Akmil AS tahun 1994. 

Teuku Riefky memulai perjuangan politiknya dengan turut serta bergabung dalam Relawan SBY di tahun 2000.

Ia turut mengumpulkan KTP pendirian Partai Demokrat (2001). 

Sekjen Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya saat menemui wartawan setelah bertemu dengan Presiden terpilih, Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Sekjen Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya saat menemui wartawan setelah bertemu dengan Presiden terpilih, Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). (Tangkapan Layar KompasTV)

Teuku aktif dalam kepengurusan Partai Demokrat di DPC Jakarta Pusat (2002-2005).

Riefky berproses dari berbagai jabatan yang berjenjang dari bawah hingga berbagai jabatan strategis di DPP Partai Demokrat selama 15 tahun terakhir (2015-2020).

Termasuk menjadi Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat dan Wakil Komandan I KOGASMA (Komando Satuan Tugas Bersama) di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Di DPR RI, ia mengawali kariernya pada usia 33 tahun ketika masuk pertama kali menjadi pengganti antar waktu (PAW) pada periode 2004–2009, menggantikan Almarhum Prof Rusli Ramly.

Sejak saat itu, Riefky berhasil lolos tiga Pemilu Legislatif selanjutnya (2009, 2014, 2019) dan mencetak ‘hat trick’ dalam perolehan suara tertinggi di Provinsi Aceh.

Bahkan pada periode 2009 secara persentase, ia menempati suara tertinggi ke-10 Nasional.

Kemudian pada 2020, Teuku Riefky Harsya ditugasi untuk menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat menggantikan AHY.

3. Agus Gumiwang 

Agus Gumiwang Kartasasmita lahir di Jakarta pada 3 Januari 1969. 

Agus Gumiwang saat ini menjabat Menteri Perindustrian RI.

Agus mulai meniti karier politik bersama Partai Golkar, sama seperti ayahnya.

Di Golkar, ia menduduki beberapa jabatan penting, seperti menjadi Ketua DPP Partai Golkar Bidang Hubungan Luar & Pertahanan Keamanan Korwil Jawa Barat dan Banten pada 2004.

Kemudian menjadi Ketua DPP Partai Golkar Bidang Kesejahteraan Rakyat dan menjadi Ketua DPP Partai Golkar Bidang Pertahanan dan Keamanan.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita ketika ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2024). Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita ketika ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2024). (Endrapta Pramudhiaz)

Karier politiknya di Partai Golkar terus menanjak, hasil Munas Partai Golkar di Jakarta menempatkan Agus pada jabatan Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar.

Ia juga terpilih menjadi anggota MPR dan DPR selama beberapa periode.

Agus bahkan pernah mengemban jabatan Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Ketua Pansus RUU Kamnas dan Ketua Panja (RUU Perjanjian Internasional, dan RUU Intelijen Negara).

Puncak kariernya adalah saat ditunjuk menjadi Menteri Sosial oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada masa kepemimpinan periode I, yakni pada 2018–2019.

Kemudian, di periode kedua, Jokowi kembali menunjuk Agus sebagai Menteri Perindustrian pada 2019–2024.

4. Budi Santoso

Budi Santoso lahir di Jakarta pada 9 Februari 1968. 

Budi Santoso saat ini merupakan Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan sejak 14 Agustus 2024. 

Sebelumnya, Budi menjabat beberapa posisi di lingkungan Kemendag.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Budi Santoso usai menghadiri pertemuan di kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV Jakarta, Senin (14/10/2024). Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Budi Santoso usai menghadiri pertemuan di kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV Jakarta, Senin (14/10/2024). (HO)

Budi, misalnya, pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri sejak 2022 hingga Agustus 2024.  

Dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei dan Kepala Biro Keuangan Kemendag.

Pada 2010, Budi juga sempat menduduki jabatan sebagai Kasubdit Ekonomi Kreatif pada unit Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional di Kemendag kemudian dipromosikan menjadi Atase Perdagangan India.

Selain itu, Budi juga saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama Holding BUMN pangan, ID FOOD.

5. Erick Thohir

Erick Thohir lahir di Jakarta pada 30 Mei 1970. 

Erick merupakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.  

Sebelum berkecimpung di dunia politik, Erick dikenal sebagai pengusaha di industri media dan olahraga.

Erick Thohir menyambangi kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024) malam. Erick Thohir menyambangi kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024) malam. (Bambang Ismoyo)

Lulusan Master of Business Administration di National University of California ini sempat menjabat sebagai Komisaris Utama Mahaka Media pada 2010-2019.

Erick juga sempat menjabat Presiden Klub Inter Milan (2013-2016).

Kemudian Direktur Utama PT Intermedia Capital Tbk. (MDIA), perusahaan induk ANTV (2014-2019), Ketua Komite Olimpiade Indonesia (2015-2019), dan Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (2018).

Erick juga mendirikan Mahaka Group yang membawahi PT Mahaka Media Tbk. (ABBA) dan PT Mahaka Radio Integra Tbk. (MARI).

6. Dito Ariotedjo 

Dito merupakan pria kelahiran Jakarta pada 29 September 1990. 

Dito saat ini masih menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga RI. 

Dito menjadi menteri termuda di Kabinet Presiden Jokowi setelah dilantik pada awal tahun lalu.

caption: Menpora Dito Ariotedjo saat menyampaikan semua persiapan pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Solo 2024, yang berlangsung di Stadion Manahan Surakarta, Jawa Tengah, tidak ada kendala dan sesuai target, Media Center PEPARNAS XVII Solo 2024, Minggu (6/10/2024). dok: Kemenpora caption: Menpora Dito Ariotedjo. dok: Kemenpora (dok: Kemenpora)

Sebelum menjabat sebagai menteri, Dito menjadi salah satu dari tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto sejak April 2022

Ia merupakan kader Partai Golkar dan pernah menjabat menjadi ketua umum Dewan Pimpinana Pusat (DPP) Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).  

Dito juga diketahui merupakan anak dari Arie Prabowo Ariotedjo, eks Direktur Utama Antam yang lengser pada 2019.

7. Rosan Roeslani 

Rosan Roeslani lahir di Jakarta pada 31 Desember 1968. 

Pria dengan nama lengkap Rosan Perkasa Roeslani tersebut merupakan Wakil Menteri (Wamen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pria yang lahir di Jakarta, 31 Desember 1968, sebelumnya pernah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Dubes LBBP RI untuk Amerika Serikat (AS), berkedudukan di Washington D.C.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia Rosan Roeslani Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia Rosan Roeslani (Istimewa)

Rosan dikenal sebagai seorang pengusaha di Indonesia.

Bahkan Rosan pernah masuk dalam deretan orang kaya ke-88 di Indonesia versi Globe Asia.

Ia dikenal sebagai pendiri Recapital Advisor, perusahaan di bidang jasa keuangan.

(Tribunnews.com/Milani Resti/Deni/ Sri Julianti/Gilang Putranto) 

Editor: Garudea Prabawati

Tag:  #deretan #calon #menteri #prabowo #yang #berasal #dari #jakarta #fadli #hingga #rosan #roeslani

KOMENTAR