Puspom TNI BKO Personel untuk Bantu Operasi Pengamanan VVIP di Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih
Ilustrasi Tentara Nasional Indonesia (TNI). (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
10:40
15 Oktober 2024

Puspom TNI BKO Personel untuk Bantu Operasi Pengamanan VVIP di Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih

Mabes TNI telah menyiapkan operasi khusus untuk mengamankan VVIP dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, pada Minggu (20/10). Untuk mendukung operasi tersebut, Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI melakukan BKO personel yang mereka miliki kepada Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Berdasar informasi dari akun media sosial resmi Puspom TNI, total ada sepuluh personel Puspom TNI yang BKO ke Paspampres. ”Melaksanakan tugas Bantuan Kendali Operasi (BKO) Paspampres dalam rangka mendukung pengamanan kegiatan pelantikan presiden dan wakil presiden Republik Indonesia tahun 2024,” tulis Puspom TNI.

BKO tersebut dilaksanakan di Markas Komando Paspampres pada Senin (14/10). Sepuluh orang personel Puspom TNI itu bertugas di bawah komando Kapten Cpm Benny Antoni.

”Dalam rangka persiapan pengamanan acara pelantikan, para personel Puspom TNI mengikuti berbagai materi penting. Salah satu materi utama adalah pembekalan Subsatgas Walmor,” terang Puspom TNI.

Mereka diberi gambaran umum berkenaan dengan mekanisme dan langkah-langkah yang akan dijalankan selama pelaksanaan tugas pengawalan dan pengamanan VVIP. Selain itu, para personel BKO itu juga menerima penyuntikan vitamin dari Detasemen Kesehatan Paspampres guna memastikan kondisi fisik yang prima selama menjalankan tugas.

Dalam keterangan yang sama Puspom TNI menyampaikan bahwa kegiatan tersebut ditutup dengan gladi maket rangkaian kawal dan simulasi penting yang bertujuan untuk memastikan kesiapan maksimal dalam pengawalan VVIP saat acara pelantikan berlangsung. Diharapkan dengan adanya pembekalan dan latihan tersebut, pengamanan dapat berjalan lancar, tertib, dan sesuai rencana.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Hariyanto menyampaikan bahwa Mabes TNI terus menyiapkan pengamanan VVIP dalam pelantikan presiden terpilih dan wakil presiden terpilih. TNI akan melaksanakan operasi khusus untuk mengamankan VVIP dalam agenda tersebut.

”TNI akan menggelar operasi pengamanan VVIP dalam rangka pelantikan Presiden Republik Indonesia dan Wakil Presiden Republik Indonesia,” ungkap Hariyanto kepada awak media di Jakarta.

Operasi tersebut akan berlangsung lebih kurang delapan hari. Perwira tinggi TNI AD dengan dua bintang di pundak itu menyampaikan bahwa operasi pengamanan VVIP dalam agenda pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih akan dilaksanakan mulai Rabu (16/10) sampai Rabu (23/10). Persiapan menjelang operasi tersebut dilaksanakan meliputi penyiapan personel dan materiil. Tidak hanya itu, TNI juga melakukan pembagian tugas secara terperinci.

”Dengan urutan yang dilaksanakan yaitu gelar personel dan materiil di Silang Monas Jakarta, melaksanakan TFG (Tactical Floor Game), gladi rangkaian (untuk pejabat dan tamu undangan negara asing), pengamanan jalannya sidang  paripurna MPR Republik Indonesia, sampai dengan acara selesai secara keseluruhan,” beber Mayjen Hariyanto.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #puspom #personel #untuk #bantu #operasi #pengamanan #vvip #pelantikan #presiden #wakil #presiden #terpilih

KOMENTAR