Rantis Maung Pindad Kembali Tampil, Kali Ini Digunakan Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo di Mako Brimob Polri
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo saat memeriksa pasukan Polri di Mako Brimob Polri pada Senin (14/10). (Dok. Kemenhan)
16:32
14 Oktober 2024

Rantis Maung Pindad Kembali Tampil, Kali Ini Digunakan Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo di Mako Brimob Polri

 

Kendaraan taktis (taktis) buatan PT Pindad kembali tampil. Pada Senin (14/10), Rantis Maung digunakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat memeriksa pasukan di Mako Brimob Polri, Depok, Jawa Barat.

Alat utama sistem persenjataan (alutsista) produksi industri pertahanan (inhan) dalam negeri itu tampak gagah dan cocok dipakai untuk memeriksa pasukan. 

Maung merupakan rantis buatan PT Pindad yang tidak hanya digunakan oleh TNI, melainkan juga diandalkan oleh Polri. Berdasar informasi dari laman resmi PT Pindad, Maung adalah kendaraan taktis 4x4. Kendaraan khusus itu diproduksi oleh Pindad guna memenuhi berbagai kebutuhan, khususnya kebutuhan TNI di medan tugas. ”Untuk mendukung operasi dan mobilisasi pertempuran jarak dekat serta jelajah medan,” tulis Pindad dalam laman resmi mereka. 

Di awal kehadirannya, Maung langsung menarik perhatian Menhan Prabowo. Presiden terpilih itu memesan ribuan Maung untuk TNI. Selain berpenggerak empat roda, Maung juga mampu melaju dengan kecepatan maksimal mencapai 120 kilometer per jam.

Pindad merancang rantis tersebut untuk bermanuver cepat dan mampu menjangkau jarak tempuh sampai 800 kilometer. ”Menjadikan Maung memiliki manuver yang gesit dan handal,” ungkap Pindad.

Tidak hanya itu, Maung Pindad bisa dipakai di segala medan. Sebagai rantis, Maung bisa dipasangi berbagai perlengkapan dan persenjataan yang dibutuhkan oleh TNI. Dalam beberapa kesempatan penting, rantis tersebut dipakai oleh TNI. Termasuk diantaranya untuk menunjang kebutuhan pemeriksaan pasukan oleh Presiden Jokowi dalam acara puncak peringatan HUT ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas pada 5 Oktober lalu. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #rantis #maung #pindad #kembali #tampil #kali #digunakan #presiden #jokowi #menhan #prabowo #mako #brimob #polri

KOMENTAR