Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026 Tiongkok vs Indonesia: Waktunya Garuda Petik Poin Penuh usai Kemenangan Dirampok di Bahrain
Malik Risaldi dalam debutnya di Timnas Indonesia menjadi starter dalam laga melawan Bahrain, Kamis (10/10). (Reuters)
07:16
13 Oktober 2024

Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026 Tiongkok vs Indonesia: Waktunya Garuda Petik Poin Penuh usai Kemenangan Dirampok di Bahrain

 

Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026 matchday empat grup C akan mempertandingkan duel antara Tiongkok vs Timnas Indonesia. Laga ini jadi kesempatan Garuda untuk memetik poin penuh perdana. Baik Tiongkok maupun Timnas Indonesia sejauh ini sudah memainkan tiga pertandingan dalam grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Hasil yang ditorehkan kedua tim pun berbeda.

 

Tuan rumah Tiongkok misalnya, menjalani kualifikasi putaran ketiga dengan jauh dari kata bagus. Dalam tiga pertandingan yanh dilakoni, hasilnya mereka menelan tiga kekalahan.

Rentetan negatif pertama didapat saat Tiongkok bertandang ke Saitama pada 5 September lalu. Hasilnya, tim besutan Branko Ivankovic itu dipaksa pulang dengan tangan hampa usai kalah tujuh gol tanpa balas. Lima hari berselang, Timnas Tiongkok kembali ke negaranya untuk menjamu Arab Saudi di Dalian Suoyuwan Football Stadium. Mereka tampil di hadapan pendukung sendiri. Tapi, hasil yang diraih juga buruk.

 

Timnas Tiongkok justru menelan kekalahan dari Arab Saudi. Padahal, mereka sempat unggul lebih dulu saat laga baru berjalan 14 menit. Selain itu tim tamu juga bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-19. Namun mereka pada akhirnya kebobolan dua gol dan laga berakhir dengan skor 1-2.

 

Kemudian yang terbaru pada Kamis (10/10), Tiongkok kembali menjalani laga tandang dan hasilnya kalah lagi. Kali ini mereka bertandang ke Adelaide Oval dan hasilnya dipaksa menyerah 3-1 dari Australia. Kekalahan itu terasa menyakitkan juga karena Tiongkok sempat unggul 0-1 lebih dulu.

 

Akibatnya, Tiongkok saat ini menempati posisi juru kunci grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Selain nilai 0, catatan mereka sangat negatif karena baru bisa mencetak 2 gol dan telah kebobolan 12 gol.

 

Sementara Timnas Indonesia, lebih baik. Garuda sejauh ini tidak pernah menelan kekalahan, tapi juga belum mendapatkan kemenangan dalam tiga pertandingan. Ya, Garuda selalu meraih hasil imbang dari laga perdana hingga ketiga.

 

Saat pertandingan perdana melawan Arab Saudi, Timnas Indonesia membuat kejutan dengan berhasil menahan tim langganan piala dunia tersebut dengan skor 1-1. Padahal Arab Saudi berstatus sebagai tuan rumah di Stadion King Abdullah Sport City, Jeddah.

 

Kemudian pada laga kedua, Timnas Indonesia menjamu Australia. Itu juga bukan pertandingan mudah bagi Garuda meski main di hadapan puluhan ribu suporter di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Benar saja, sepanjang pertandingan Timnas Indonesia banyak diserang oleh Australia. Beruntung Garuda terhindar dari kekalahan karena kedua tim bermain imbang sama kuat 0-0.

 

Nah hasil imbang itu kemudian berlanjut di laga ketiga melawan Bahrain, Kamis (10/10). Berlangsung di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Timans Indonesia dapat satu poin usai menahan sang tuan rumah dengan skor 1-1. Dalam laga itu, Timnas Indonesia sebenarnya hampir meraih kemenangan. Tiga poin perdana nyaris direbut Garuda andai mereka tak kebobolan gol kontroversial saat unggul 1-2 hingga injury time babak kedua.

 

Ya, Timnas Indonesia pada akhirnya harus imbang 2-2 setelah Bahrain mencetak gol pada injury time. Tepatnya menit ke-90+9 lewat Mohamed Mahroon, di mana gol itu jadi kontroversi karena laga seharunya tuntas pada menit ke-90+6.

 

 

Terlepas dari kontroversi itu, Timnas Indonesia pada akhirnya dapat satu poin dari Bahrain. Skuad Garuda pun kini mengoleksi tiga angka dalam tiga laga dan duduk di posisi kelima grup C.

 

 

Berkaca dari rekam jejak di atas, Timnas Indonesia punya peluang untuk menang atas Tiongkok pada laga berikutnya. Sebab Garuda cukup apik dalam melakoni laga tandang, sedangkan Tiongkok masih kesulitan menang.

 

 

Jadwal Kualiikasi Piala Dunia 2026 Tiongkok vs Indonesia:

 

Hari/tanggal: Selasa (15/10)

 

Venue: Qingdao Youth Football Stadiun

 

Pukul: 20.00 waktu setempat / 19.00 WIB

 

Siaran Langsung & Streaming: RCTI, Vision+. (*)

 

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #jadwal #kualifikasi #piala #dunia #2026 #tiongkok #indonesia #waktunya #garuda #petik #poin #penuh #usai #kemenangan #dirampok #bahrain

KOMENTAR