All-out di Debat Pemungkas, Capres Adu Gagasan Kesejahteraan Sosial, Pembangunan SDM, hingga Inklusi
Capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kedua kanan) dan Mahfud MD (kiri) berjabat tangan dengan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kedua kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) saat tiba di lokasi Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
10:24
4 Februari 2024

All-out di Debat Pemungkas, Capres Adu Gagasan Kesejahteraan Sosial, Pembangunan SDM, hingga Inklusi

– Malam ini menjadi kesempatan terakhir bagi ketiga calon presiden untuk meyakinkan pemilih melalui panggung debat. Kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi menjadi tema yang bakal ’’dipertandingkan’’ pada debat kelima Pilpres 2024.

Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo siap tampil all-out pada debat pemungkas. Masing-masing punya cara sendiri dalam mempersiapkan diri.

Ganjar, misalnya, sempat blusukan ke pasar tradisional di sela-sela kegiatan kampanye di Palembang, Sumatera Selatan. Dia berkunjung ke dua pasar, yaitu Pasar Palimo dan Pasar 16 Ilir, pada Jumat (2/1) sebagai persiapan debat. ’’Ketika berdebat itu, nggak bisa hanya bicara konsep tanpa melihat fakta di lapangan,’’ tegasnya.

Capres nomor urut 3 itu juga bertemu peternak ayam hingga petani. Di situ dia mendapat beragam masukan tentang harga bahan yang mahal dan tidak stabil. Ganjar tak ingin ada kesulitan yang dialami pedagang, peternak, petani, maupun masyarakat secara umum. Kondisi itu akan disampaikan Ganjar dalam debat. ’’Kalau harga-harga tinggi, ya kita turunkan. Problemnya ketemu kok,’’ ujarnya. Jika kelak terpilih, Ganjar berkomitmen menghadirkan harga bahan pokok yang murah bagi masyarakat.

Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Andi Widjajanto mengatakan, Ganjar sangat menguasai tema debat kelima. ’’Tema debat kelima ini Mas Ganjar banget. Karena Mas Ganjar memiliki pengalaman yang cukup panjang dan konkret di bidang-bidang yang masuk dalam seluruh tema debat,’’ ucap Andi. Selain itu, Ganjar selalu turun ke lapangan untuk memonitor kebijakan dan programnya selama 10 tahun menjadi gubernur Jawa Tengah.

Andi menyatakan, sudah ada sejumlah program yang disiapkan jika Ganjar-Mahfud menang. Di antaranya, Bansos Pasti, KTP Sakti, hingga program 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana. Selain itu, mereka akan meninjau ulang Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja. ’’Dan mengawal penyusunan aturannya agar tidak merugikan rakyat,’’ pungkas Andi.

Terpisah, calon nomor urut 2 Prabowo Subianto mempersiapkan debat terakhir dengan rileks. Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Rosan Roeslani mengatakan, untuk menghadapi debat, kemarin Prabowo lebih banyak istirahat.

Dia menepis anggapan bahwa Prabowo kurang memahami isu-isu pada debat kelima. ’’Beliau banyak baca buku,’’ ujarnya. Karena itu, Rosan meyakini Prabowo akan menguasai berbagai isu yang dibahas dalam debat. Prabowo juga bertemu dengan berbagai kalangan. Dari situ dia mendapat aduan, masukan, dan berbagai input lainnya.

Hanya saja, kata Rosan, pembahasan dalam debat yang hanya 2–4 menit dalam satu isu kerap tidak ideal. Terlalu minim untuk memaparkan gagasan lebih komprehensif. ’’Itu kurang untuk menyampaikan hal yang sangat penting dan disampaikan dalam waktu yang sangat singkat. Tetapi, beliau siap tentunya,’’ imbuhnya.

Komandan Tim Komunikasi TKN Prabowo-Gibran Budisatrio Djiwandono menambahkan, di bidang kesra, ada sejumlah visi yang dicanangkan. Pertama, penurunan angka kemiskinan. Untuk kategori kemiskinan ekstrem, pihaknya menargetkan bisa 0 persen. Sementara itu, kemiskinan umum ditargetkan turun di bawah 5 persen dalam lima tahun. ’’Saat ini masih di angka 9,36,’’ katanya.

Prabowo-Gibran juga berkomitmen melanjutkan program jaminan sosial di era Presiden Jokowi. Inovasinya sebatas menyempurnakan apa yang jadi kekurangan. Salah satu persoalan krusial adalah akurasi data penerimanya, sehingga ke depan perlu pembenahan data. ’’Prinsipnya adalah transparansi, akuntabilitas, dan peran serta masyarakat,’’ tegas wakil ketua Komisi IV DPR itu.

Sementara itu, capres nomor urut 1 Anies Baswedan mengaku tak punya persiapan khusus dalam debat nanti. Sebab, tidak ada yang tahu pertanyaan yang akan disampaikan panelis. Begitu pula aspek-aspeknya. ’’Tidak ada skenario yang bisa disiapkan. Nanti mengalir sambil kita dengar pertanyaan, sambil memformulasikan gagasan,’’ ujarnya, Jumat (2/2).

Saat masuk ruang debat, Anies menegaskan, bekal pengalaman dan gagasan menjadi hal penting. Pada masing-masing kandidat, stok pengalaman dan gagasan itu tidak sama. ’’Setiap kali muncul pertanyaan, muncul aspek. Ya diambil dari apa yang sudah kita miliki karena itu nggak bisa dihafalkan karena memang bukan hafalan,’’ tandasnya.

Captain Timnas Amin M. Syaugi Alaydrus menilai Anies menguasai topik-topik debat. Mulai sumber daya manusia, kesejahteraan sosial, pendidikan, kebudayaan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sampai inklusi. ’’Pak Anies sudah mempersiapkan diri dengan tim debatnya yang menurut saya sangat hebat,’’ ungkap Syaugi.

Dia enggan membocorkan strategi Anies dalam debat terakhir nanti malam. Strategi itu bakal disesuaikan dengan situasi dan dinamika selama debat berlangsung. ’’Belum tentu (strategi) menyerang, tapi bisa juga menyerang. Nanti kita lihat dinamikanya,’’ ujarnya.

Format debat kelima nanti masih sama dengan debat-debat sebelumnya. Hanya, ada penambahan durasi untuk penyataan penutup setiap paslon. Yakni, dari 2 menit menjadi 4 menit. Hal itu disepakati karena paslon memerlukannya untuk lebih meyakinkan pemilih pada debat terakhir. ’’Debat kelima menjadi spesial bagi kandidat maupun pemilih karena menjadi penutup rangkaian debat capres-cawapres,’’ kata anggota KPU August Mellaz.

Aktivitas Kampanye

Kemarin (3/2) pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD menggelar kampanye akbar bertajuk Konser Salam Metal di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Mereka menyerukan agar penguasa tidak menggunakan kekuasaan untuk mengintimidasi rakyat dalam Pemilu 2024.

Terpisah, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menghadiri acara Imlek yang digelar Kadin Indonesia Komite Tiongkok di Jakarta. Dalam kesempatan itu, dia menyatakan bakal melindungi dan membela semua rakyat, serta semua agama dan etnis di Indonesia.

Sementara itu, cawapres Muhaimin Iskandar menghadiri kampanye di Lumajang, Jawa Timur. Pada kesempatan itu, dia menyinggung banyaknya akademisi dari kampus yang menyuarakan kegelisahan terhadap kondisi Indonesia saat ini. (lum/far/tyo/c18/fal)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #debat #pemungkas #capres #gagasan #kesejahteraan #sosial #pembangunan #hingga #inklusi

KOMENTAR