Meski Persela, Gresik United dan Deltras Tak Lolos, Berikut Wakil Jawa Timur di Semifinal Liga 2 2023/2024
Perwakilan Jawa Timur di babak semifinal Liga 2 musim 2023/2024 diisi oleh 3 pemain Jawa Timur./Instagram Bolajatim
07:32
4 Februari 2024

Meski Persela, Gresik United dan Deltras Tak Lolos, Berikut Wakil Jawa Timur di Semifinal Liga 2 2023/2024

Liga 2 musim 2023/2024 resmi telah memasuki fase semifinal, dan keempat pesertanya tidak ada satupun yang berasal dari Jawa Timur, karena Persela Lamongan, Gresik United dan Deltras Sidoarjo gagal meloloskan diri.

Diketahui, tim-tim yang lolos ke babak semifinal Liga 2 2023/2024 adalah duo Sumatera, Semen Padang dan Persiraja, ditambah wakil Maluku, yakni Malut United, dan satu wakil Papua yang diisi oleh PSBS Biak.

Di babak 12 besar, Sumatera mengirim 3 wakil seperti Persiraja Banda Aceh, Semen Padang dan PSMS Medan.

Papua dengan 2 wakil yang diisi oleh PSBS Biak dan Persewar Waropen. Babel United menjadi wakil Bangka Belitung, Malut United wakil Maluku. DIY/Jawa Tengah diwakili PSIM, dan Jawa Barat/Jabodetabek menjadi bagian Bekasi City FC.

Sementara, Jawa Timur sendiri memiliki 3 wakil di babak 12 besar, yakni Persela Lamongan dan Deltras yang ditempatkan di grup Y, juga Gresik United di grup Z.

Jumlah yang sama dengan Sumatera, namun tak ada satupun yang mampu lolos ke semifinal.

Sebenarnya, wakil-wakil Jawa Timur memiliki catatan yang bagus di babak sebelumnya, terutama Persela Lamongan yang berhasil menjadi pemuncak klasemen grup C, diikuti oleh Deltras dan Gresik United.

Meski klub Jawa Timur tak lolos ke babak semifinal, provinsi dengan ibu kota Surabaya tersebut masih mengirimkan wakil berupa pemain. Berikut adalah pemain asal Jawa Timur yang bermain di babak semifinal Liga 2 2023/2024:

1. Bagus Nirwanto (Sidoarjo, Malut United)

Sebuah ironi, ketika putra daerah menjadi kapten dari lawan yang menggagalkan usaha Deltras untuk promosi ke Liga 1.

Bagus Nirwanto yang bermain untuk Malut United berhasil mengalahkan Deltras Sidoarjo dengan skor 3-1, yang membuat The Lobster gagal menjadi peringkat kedua terbaik, meski telah mengoleksi 9 poin.

Dilansir laman Transfermarkt, pemain yang kerap disapa Munyeng pernah menjadi bagian dari Deltras di tahun 2013 dan 2015, sebelum memperkuat PSS Sleman mulai 2017.

2. Ahmad Ihwan (Malang, Semen Padang)

Arek Malang ini sukses mengantarkan timnya, Semen Padang ke babak semi-final Liga 2, setelah menjadi pemuncak klasemen grup X.

Ihwan berposisi sebagai penyerang yang sukses mencetak 7 gol dan 1 assist selama membela Semen Padang. 5 gol ia catatkan di fase penyisihan dan 2 gol di babak 12 besar.

Menurut Transfermarkt, meski asli Malang, pria yang kini berusia 30 tahun tersebut hanya sekali memperkuat klub asal Malang, yakni Metro FC di tahun 2013.

3. Andik Vermansah (Jember, Persiraja Banda Aceh)

Legenda Persebaya Surabaya ini untuk pertama kalinya mencicipi animo Liga 2 dengan membela Persiraja Banda Aceh di musim ini. Sebelumnya, mantan pemain Timnas Indonesia tersebut bermain untuk Bhayangkara FC selama 3 musim, mulai dari tahun 2023.

Andik berhasil mengantarkan Persiraja ke babak semifinal setelah menjadi runner-up terbaik di babak 12 besar.

Total, pemain kelahiran Jember itu telah mencetak 1 gol dan 2 assist untuk Lakar Rencong musim ini.

REGULASI BABAK SEMIFINAL LIGA 2

Di babak semifinal nanti, masing-masing klub akan melakoni sistem kandang-tandang, dengan undian dan jadwal yang akan segera diumumkan.

Dua klub yang memenangkan babak semifinal akan otomatis lolos ke Liga 1 musim depan, sedangkan 2 tim yang kalah akan diambil salah satunya guna menemani kedua tim yang telah lolos.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #meski #persela #gresik #united #deltras #lolos #berikut #wakil #jawa #timur #semifinal #liga #20232024

KOMENTAR