Punya Industri Pertahanan Berteknologi Standar NATO, Menhan Prabowo Sepakat Tingkatkan Kerja Sama dengan Slovakia
Menhan Prabowo Subianto menerima kunjungan Menhan Slovakia Robert Kaliňák pada Kamis (10/10). (Biro Humas Setjen Kemhan)
11:08
11 Oktober 2024

Punya Industri Pertahanan Berteknologi Standar NATO, Menhan Prabowo Sepakat Tingkatkan Kerja Sama dengan Slovakia

- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan dari Deputi Perdana Menteri sekaligus Menhan Republik Slovakia Robert Kaliňák di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta Pusat pada Kamis (10/10). Melalui kunjungan tersebut, kedua pihak sepakat untuk terus memperkuat kerja sama di antara kedua negara. 

Meski jarak antara Indonesia dengan Republik Slovakia sangat jauh, kedua negara memiliki kepentingan yang sama di bidang pertahanan. Slovakia memiliki industri pertahanan (inhan) dan teknologi tinggi yang telah memenuhi standar NATO. Karena itu, Slovakia menjadi salah satu mitra strategis yang potensial bagi Indonesia. Khususnya untuk meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan. 

Prabowo ingin Indonesia dan Slovakia bisa bekerja sama untuk memperkuat kemampuan militer melalui akuisisi alat utama sistem persenjataan (alutsista) berteknologi tinggi. ”Kami menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk menciptakan hubungan pertahanan bilateral yang harmonis dan saling menguntungkan dengan Slovakia, sejalan dengan hubungan baik antara kedua negara,” ungkap Prabowo. 

Tidak hanya bidang pertahanan, Prabowo turut menyinggung bidang pendidikan. Menurut dia saat ini Universitas Pertahanan (Unhan) dan Akademi Angkatan Bersenjata Jenderal Milan Rastislav Stefanik (The Armed Forces Academy of General Milan Rastislav Stefanik) telah sepakat untuk menindaklanjuti kerja sama berupa Nota Kesepahaman tentang Kegiatan Kerja Sama Akademik. MoU tersebut diharapkan dapat segera ditandatangani dalam waktu dekat. 

Selama bertugas sebagai menhan, Prabowo terbilang aktif menjalin kerja sama bidang pertahanan dengan berbagai negara. Baik dengan negara-negara di Kawasan ASEAN, Asia, Eropa, Afrika, Timur Tengah, maupun negara-negara lainnya. Kemhan menyatakan bahwa kerja sama tersebut dilakukan untuk menjalin hubungan baik dan demi memperkuat pertahanan Indonesia. 

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #punya #industri #pertahanan #berteknologi #standar #nato #menhan #prabowo #sepakat #tingkatkan #kerja #sama #dengan #slovakia

KOMENTAR