AHY Santai, Demokrat Fokus Kawal Pemerintahan Prabowo Meski PDIP Gabung
Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menghadiri pelantikan sang adik Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) sebagai Wakil Ketua MPR RI. (Suara.com/Bagaskara)
13:28
10 Oktober 2024

AHY Santai, Demokrat Fokus Kawal Pemerintahan Prabowo Meski PDIP Gabung

Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), berkomentar soal adanya kabar PDIP akan bergabung dalam pemerintahan Prabowo Subianto. AHY mengisyaratkan pihaknya tak mempermasalahkan hal tersebut.

AHY menegaskan, jika Demokrat hanya fokus untuk memberikan dukungan secara penuh terhadap jalannya pemerintahan Presiden terpilih Prabowo.

"Pertama yang paling mengetahui kedepannya seperti apa dan tentunya apa yang ingin dijalankan untuk mewujudkan visi Indonesia maju seperti yang dikampanyekan oleh Bapak Prabowo ya beliau sendiri tentunya kami hanya ingin memberikan support secara penuh kami menyerahkan semuanya kepada bapak presiden terpilih," kata AHY ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Ia mengatakan, Demokrat akan fokus menjalankan perannya mengawal pemerintahan dalam 5 tahun ke depan.

Baca Juga: Prabowo Bocorkan Kabinet Baru: Banyak Menteri Jokowi yang Dipertahankan

"Kalau saya sendiri tidak punya perasaan lain-lain karena kami hanya fokus pada upaya untuk menjalankan peran apapun peran yang akan diberikan kami partai demokrat untuk bisa mengawal pemerintahan 5 tahun kedepan dan tentunya dalam politik ini kan serba dinamis ya," ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya kabar PDIP bergabung ke pemerintahan Prabowo, tak membuat Demokrat kehilangan fokusnya.

"Sekali lagi saya tidak melihat ini sebagai sesuati yang membuat kami tidak fokus, karena sejak awal komitmen kami Partai Demokrat itu ingin berjuang bersama sama alhamdulillah menang bersama sama dan setelah itu mengisi sekaligus menjalankan peran yang baik juga bersama sama," pungkasnya.

Ada Orang PDIP

Sebelumnya, Sekretris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani, memastikan akan ada kader PDIP dalam kabinet pemerintahan Prabowo Subianto. Namun, ia meminta semua pihak menunggu pengumuman resminya.

Baca Juga: Misteri Kabinet Prabowo: Golkar Dapat Jatah 7 Menteri? Ini Jawaban Mengejutkan Bahlil!

"Tunggu tunggu, insyallah ada (PDIP dalam kabinet)," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Di lain sisi, kata dia, dalam kabinet Prabowo juga akan ada menteri di era Presiden Jokowi yang akan dipakai kembali.

"Setahu saya ada," ujarnya.

Ia menegaskan, jika Prabowo sudah menegaskan akan memakai lagi menteri-menteri yang bagus di era Presiden Jokowi.

"Kan pak Prabowo sudah ngomong kalau nama nama dari kabinet pak Jokowi yang bagus-bagus akan juga dipakai untuk membantu beliau. Ya nama-nama yang dianggap bagus dan masih cukup fit dipakai," ungkapnya.

Kendati begitu, Muzani belum mau membeberkan nama dalam susunan kabinet Prabowo. Begitu juga dengan berapa jumlah nomenklaturnya.

"Saya enggak paham satu per satu pokoknya setahu saya ada," pungkasnya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #santai #demokrat #fokus #kawal #pemerintahan #prabowo #meski #pdip #gabung

KOMENTAR