Sebut Jokowi Ingkar Janji Soal Proyek Strategis Nasional, Walhi: Masih Jawa Sentris
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (Instagram/jokowi)
13:00
10 Oktober 2024

Sebut Jokowi Ingkar Janji Soal Proyek Strategis Nasional, Walhi: Masih Jawa Sentris

Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dilakukan selama masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tercatat masih terpusat di wilayah Jawa. Hal tersebut terlihat dari jumlah PSN dan penggelontoran dana negara dominan digunakan untuk pembangunan di Jawa.

Walhi mengkritisi sikap Jokowi karena mengingkari janjinya untuk lakukan pemerataan pembangunan dan pemerataan ekonomi di seluruh wilayah agar tidak menjadi Jawa sentris.

"Katanya dia tidak mau Jawa sentris, justru terlihat dari nilai dan jumlah dengan fakta yang ada, proyek PSN masih tetap dominan di Jawa, hampir lebih dari 2.000 triliun," kata Eksekutif Nasional Walhi Satrio Manggala dalam diskusi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) secara virtual, Kamis (10/10/2024).

Sementara itu, PSN di luar Jawa tercatat ada 11 proyek yang tersebar di berbagai titik dengan nilai anggaran Rp1.600 triliun.

Baca Juga: Rocky Gerung Tanggapi Pernyataan Jokowi Akan Pulang Saat Pelantikan Prabowo : Bagus

Proyek tersebut tersebar di Sumatera yang habiskan dana sekitar Rp 800 triliun, Kalimantan sekitar Rp 200-an triliun, serta Sulawesi dan Papua yang masing-masinh hampir Rp500 triliun.

Ada pun proyek yang dibangun berupa jalan, bendungan, serta kawasan ekonomi. Namun terhadap pembangunan kereta api, perkebunan, energi, dan pelabuhan tetap berkonsentrasi semuanya di Jawa.

"Tidak seperti apa yang Presiden selalu bicarakan bahwa kita sedang membangun pemerataan pembangunan, yang mana semua pembangunan masih berkonsentrasi di Jawa," kata Satrio.

Namun, pembangunan proyek tersebut juga belum berdampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat. Walhi mencatat, justru PSN jadi salah satu penyebab kriminalisasi terhadap masyarakat sipil akibat konflik warga dengan negara terkait proses pembangunan.

"Menurut data Walhi, data angka kekerasan dan kriminalisasi tertinggi nomor 3 sebaran orang yang mengalami kekerasan dan kriminalisasi terjadi di berbagai pulau," ucapnya.

Baca Juga: Prabowo Bocorkan Kabinet Baru: Banyak Menteri Jokowi yang Dipertahankan

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #sebut #jokowi #ingkar #janji #soal #proyek #strategis #nasional #walhi #masih #jawa #sentris

KOMENTAR