Antisipasi Terjadinya Kecurangan di TPS Luar Negeri, Anggota Komisi II Minta Polri Maksimalkan Pengamanan
Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera (fraksi.pks.id)
14:48
30 Januari 2024

Antisipasi Terjadinya Kecurangan di TPS Luar Negeri, Anggota Komisi II Minta Polri Maksimalkan Pengamanan

- Anggota Komisi II DPR, Mardani Ali Sera, mengajukan permintaan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk meningkatkan pengamanan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) luar negeri pada Pemilihan Umum 2024.

Dilansir dari Antara Selasa (30/1), dalam pernyataannya di Padang, Sumatera Barat, pada hari Selasa, Mardani Ali Sera menekankan perlunya pengawasan yang ketat terhadap semua TPS di luar negeri untuk mencegah potensi kecurangan dalam pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Beliau menyarankan agar, jika polisi tidak dapat melibatkan diri secara langsung, maka perlu memastikan keberadaan personel kepolisian lainnya dalam panitia pemilihan luar negeri yang diberikan wewenang untuk mengawasi dan mengamankan TPS.

Mardani Ali Sera yakin bahwa personel Bhayangkara yang ditugaskan ke sejumlah negara akan dapat mengawasi dengan baik setiap TPS di luar negeri.

Harapannya adalah agar proses pemilu berjalan dengan lancar dan memenuhi prinsip pemilu langsung, umum, bebas, dan rahasia (luber) serta jujur dan adil (jurdil).

Polda Metro Jaya telah melibatkan sebanyak 11.385 personel untuk menjaga keamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dalam negeri selama pelaksanaan Pemilihan Umum 2024.

Selain itu, sejumlah 111 personel juga telah diutus ke beberapa negara untuk mengamankan TPS di luar negeri, menunjukkan upaya serius dalam menjamin pengamanan dan kelancaran proses pemilu secara nasional maupun internasional.

Mardani Ali Sera memastikan bahwa pengamanan terhadap TPS di luar negeri wajib dilakukan mengingat pentingnya menjaga integritas pelaksanaan pemilu.

Jumlah pemilih luar negeri pada Pemilu 2024 mencapai 1.750.474 orang yang tersebar di 128 negara, dengan rincian 751.260 pemilih laki-laki dan 999.214 pemilih perempuan.

KPU telah mengumumkan 18 partai politik nasional dan enam partai politik lokal yang akan berpartisipasi dalam pemilu tersebut.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu DPD, akan dilaksanakan secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden pada tanggal 14 Februari 2024.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #antisipasi #terjadinya #kecurangan #luar #negeri #anggota #komisi #minta #polri #maksimalkan #pengamanan

KOMENTAR