Pratikno Pastikan Jokowi Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran 20 Oktober 2024
KEPALA NEGARA: Presiden Joko Widodo bersama Menhan sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto sebelum upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, (1/10). (SETPRES)
19:56
8 Oktober 2024

Pratikno Pastikan Jokowi Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran 20 Oktober 2024

- Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih di Gedung Nusantara, Jakarta, pada 20 Oktober mendatang. Menurut dia, Jokowi sudah mengatakan akan hadir dalam pelantikan tersebut.

“Insya Allah datang. Jadi Pak Presiden memang sejak awal sudah mengatakan akan datang di Pelantikan. So pastilah Pak Presiden hadir nanti di pelantikan 20 Oktober,” kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (8/10).

Pratikno menyebut secara aturan tidak ada yang mengatur kehadiran Presiden Jokowi pada pelantikan tersebut. Namun, Pratikno menuturkan bahwa sudah menjadi tradisi Presiden sebelumnya hadir pada saat pelantikan Presiden terpilih.

“Jadi waktu tahun 2014 Pak Presiden SBY dan Pak Wapres Boediono hadir. Jalan dulu masuk, kemudian disusul oleh waktu itu Presiden terpilih Jokowi dan Pak Wapres terpilih Pak JK waktu itu,” lanjutnya.

Setelah acara pelantikan, lanjut Pratikno, rencananya ada acara pisah sambut di Istana Merdeka. Dia mengonfirmasi bahwa acara pisah sambut adalah tradisi saat pergantian pemimpin negara.

“Jadi setelah pelantikan di DPR rencananya Pak Presiden ke-7 akan lebih dulu berangkat ke Ismer. Kemudian nanti Pak Presiden Prabowo menyusul,” pungkasnya.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #pratikno #pastikan #jokowi #hadiri #pelantikan #prabowo #gibran #oktober #2024

KOMENTAR