Jokowi Curhat Kehilangan Waktu 1,5 Tahun di Awal Jabatan, Transisi Pemerintahan dari SBY Jadi Alasan
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Suara.com/Novian)
13:32
8 Oktober 2024

Jokowi Curhat Kehilangan Waktu 1,5 Tahun di Awal Jabatan, Transisi Pemerintahan dari SBY Jadi Alasan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi merasa kehilangan waktu selama 1 tahun sampai 1,5 tahun pasa awal dirinya menjabat presiden di periode pertama. Gegaranya, Jokowi membutuhkan konsolidasi terlebih dahulu selama waktu tersebut.

Konsolidasi tersebut berkaitan dengan transisi pemerintahan dari Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY kepada Jokowi pada 2014.

"Saya 2014 butuh waktu 1-1,5 tahun untuk mengkonsolidasi. Artinya 1 - 1,5 tahun waktu kita hilang," kata Jokowi dalam sambutannya di BNI Investor Daily Summit di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Selasa (10/8/2024).

Kekinian Jokowi merasakan senang karena transisi pemerintahan dari dirinya kepada presiden terpilih Prabowo Subianto bisa berjalan secara mulus. Diketahui transisi kepemimpinan nasional bakal berlangsung pada 20 Oktober 2024, yang sekaligus menjadi hari pelantikan Prabowo sebagai presiden.

Baca Juga: Jokowi Bilang Investor Mau Masuk IKN Tak Mudah, Perlu Seleksi

"Karena itu saya sangat senang sekali proses transisi kepemerintahan ini kita harapkan tinggal 12 hari berjalan baik dan berjalan mulus. Karena transisi ke pemerintahan berjalan baik dan mulus itu penting untuk menjaga optimisme kita semua, untuk menjaga stabilitas, baik itu politik maupun ekonomi," tutur Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, presiden terpilih Prabowo Subianto kerap bertemu Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk mempersiapkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Hal tersebut diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berbicara mengenai transisi kepemimpinan nasional. Sebelumnya Jokowi mengungkapkam bahwa Prabowo kerap hadir dalam rapat terbatas maupun rapat paripurna apapun topik pembahasannya.

"Sebagai contoh RAPBN 2025, saya nggak tahu berapa kali Pak Prabowo dengan bu menkeu, hampir tiap Minggu, tiap hari bertemu mempersiapkan itu," kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menekankan hal itu mengartikan bahwa transisi kepemimpinan berjalan baik.

Baca Juga: Karena Ini, PN Jakarta Pusat Tunda Gugatan Rp 5.246,75 Triliun Rizieq Shihab terhadap Jokowi

"Transisi kepemimpinan ini akan berjalan lancar insyaallah mulus sehingga setelah di lantik presiden, kabinet bisa langsung bekerja dengan cepat melaksanakan program-program yang ada tanpa ada jeda," kata Jokowi.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #jokowi #curhat #kehilangan #waktu #tahun #awal #jabatan #transisi #pemerintahan #dari #jadi #alasan

KOMENTAR