Toyor Kepala Istri Termasuk Kekeraaan, Perempuan Punya Hak Tentukan Batasan Aman dan Nyaman
Gus Miftah menggoyangkan kepala istri (TikTok)
11:32
8 Oktober 2024

Toyor Kepala Istri Termasuk Kekeraaan, Perempuan Punya Hak Tentukan Batasan Aman dan Nyaman

Klarifikasi Gus Miftah tentang perlakuannya mengguncangkan kepala istrinya di depan umum dinilai tidak tepat. Pasalnya, dia beralasan kalau perbuatan tersebut hanya bercanda.

Pegiat isu hak perempuan Poppy R Dihardjo berpendapat bahwa perbuatan Gus Miftah justru telah mengarah pada tindak kekerasan.

Menurutnya, pasangan suami istri juga perlu saling paham tentang batasan bercanda yang dilakukan satu sama lain.

"Batasan paling penting itu perasaan dan persepsi kedua belah pihak. Ketika satu tindakan atau ucapan menyakiti, mempermalukan, bikin salah satu pasangan merasa tidak dihargai, itu batasan bercanda sudah dilanggar," kata Poppy kepada  dihubungi Selasa (8/10/2024).

Baca Juga: Bukan Toyor Istri, Begini Adab Bercanda Dalam Islam Sesuai Anjuran Nabi Muhammad

Poppy mengingatkan bahwa perempuan juga perlu sadar kalau mereka memiliki hak untuk menentukan batas-batas aman dan nyaman dalam menjalin hubungan. Baik itu hubungan pernikahan maupun pertemanan. Kemudian, pasangan yang sehat juga perlu mampu menghargai batasan-batasan tersebut.

"Mulai dari tindakan fisik yang melibatkan kepala, itu kan sensitif banget ya. Karena secara simbolis kepala pusat kehormatan kalau buat orang Indonesia, identitas seseorang," ujarnya.

Untuk saling memahami batasan bercanda itu, Poppy mengatakan bahwa pentingnya menjalin komunikasi yang sehat.

Meski bercanda memang suatu tindakan spontan, namun perbuatan tersebut juga harus disesuaikan dengan norma.

"Terpenting di sini komunikasi itu kunci, saling pengertian. Karena dalam hubungungan apa pun, lelucon atau bercandaan yang sehat itu adalah bercandaan yang tidak merendahkan salah satu pihak," katanya.

Baca Juga: Perlakuan Gus Miftah Toyor Kepala Istri Dikritik Aktivis Perempuan: Masuk Kategori Kekerasan!

Sementara itu, dalam pernyataan klarifikasinya, Gus Miftah menyampaikan video yang viral sudah diedit lebih cepat. Sehingga membuat dia terkesan telah berbuat kasar kepada istrinya Ning Astuti.

"Itu di acara ulang tahun pondok. Saya malah nggak tahu kalau ada video viral. Katanya saya noyor istri lah, saya mukul istri lah, macam-macam. Itu saya sama istri malah ketawa-ketawa itu," kata Gus Miftah saat ditemui di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024).

Gus Miftah lalu menjelaskan bahwa hubungannya dan istri baik-baik saja. Bahkan Ning Astuti hanya tertawa saat tahu video tersebut viral.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #toyor #kepala #istri #termasuk #kekeraaan #perempuan #punya #tentukan #batasan #aman #nyaman

KOMENTAR