Hadir dalam Pelantikan ISSITA di Surabaya, Wamenparekraf Nilai Sektor Pariwisata Indonesia Kuat
Wakil Menparekraf Angela Herliani Tanoesoedibjo menghadiri pelantikan DPD ISSITA Jawa Timur. (Dimas Nur/JawaPos.com)
15:24
28 Januari 2024

Hadir dalam Pelantikan ISSITA di Surabaya, Wamenparekraf Nilai Sektor Pariwisata Indonesia Kuat

–Indonesia Sport and Special Interest Tourism Association (ISSITA) menggelar pelantikan Ketua DPD ISSITA Jawa Timur Rony Candra. Tampak hadir Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Indonesia Angela Herliani Tanoesoedibjo dan Ketua Umum DPP ISSITA Isyak Meirobie.

Wakil Menparekraf Indonesia Angela Herliani Tanoesoedibjo menuturkan, pemerintah sudah membangun spot-spot tourism dengan maksimal. Misalnya, lintasan Moto GP di Mandalika, Lombok.

”Kami berharap, fasilitas-fasilitas yang memang sudah disediakan dan dibangun pemerintah bisa dimanfaatkan lebih optimal lagi. Yang di Mandalika sirkuit sudah beberapa kali race lokal, itu oke,” ucap Angela di Surabaya.

Selain itu, putri dari Hary Tanoesodibjo tersebut juga meminta agar memanfaatkan potensi-potensi di tiap daerah lalu dibuat sport tourism. Misalnya, event running. Sebab, dia menilai, potensi pariwisata Indonesia sangat kuat untuk dipromosikan.

Running beberapa waktu ke belakang ini banyak banget digelarnya. Buat event lari yang bisa menarik wisatawan asing,” terang Angela Herliani Tanoesoedibjo.

Sementara itu, Ketua Umum DPP ISSITA Isyak Meirobie menyampaikan, banyak pemerintah daerah yang mengadakan kegiatan tapi tidak dikolaborasikan. Padahal, apabila bisa berkolaborasi bisa berdampak positif.

”Contohnya, dinas pemuda olahraga membuat lomba maraton, dua hari lagi dinas UMKM membuat bazar UMKM dan kemudian 3 hari lagi dinas pariwisata membuat pameran Ekraf. Kegiatan yang terpisah kurang mengenai sasaran,” tambah Isyak Meirobie.

Soal target ISSITA di Jawa Timur, dia menyampaikan, akan mendata apa yang paling menonjol di seluruh Jawa Timur. Seperti, wisata of road hingga pegunungan.

”Kemudian data itu, akan kami rajut, sponsor ship dari mana, kota mana, dan akan dilihat potensi wisatawan. Kami akan bantu untuk promosikan bersama Menparekraf,” papar Isyak Meirobie.

Ketua DPD ISSITA Jawa Timur Rony Candra menuturkan, ISSITA bertugas menyatukan semua organisasi. ISSITA menjadi jembatan dari semua organisasi, sehingga bisa berkolaborasi dengan semua stakeholder.

”Kita bisa meningkatkan wisata tourism. Seperti dari Singapura, kami berhasil bekerja sama dan mengembangkan dengan baik,” jelas Rony Candra.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #hadir #dalam #pelantikan #issita #surabaya #wamenparekraf #nilai #sektor #pariwisata #indonesia #kuat

KOMENTAR