Jokowi Hari Ini Kembali ke IKN dan Minta Menlu Pantau Konflik Timteng
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto (kedua kanan) dan komandan upacara Mayjen TNI Djon Afriandi (kiri) memeriksa pasukan saat menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta, Sabtu (5/10/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com
13:48
6 Oktober 2024

Jokowi Hari Ini Kembali ke IKN dan Minta Menlu Pantau Konflik Timteng

– Di akhir pemerintahannya, Presiden Jokowi tetap menaruh perhatian pada eskalasi konflik di Timur Tengah (Timteng).

Dia memerintahkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memantau kondisi di sana. Terutama untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Lebanon.

Jokowi berpandangan, perlu ada dialog untuk menyelesaikan konflik di Timur Tengah. ’’Saya kira harus diselesaikan di meja perundingan dan semua harus menahan diri untuk tidak memperbesar eskalasi yang ada,” ucapnya.

Hari ini (6/10) Jokowi kembali berada di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Dia berangkat dari Jakarta setelah acara HUT TNI kemarin (5/10). Rencananya, Jokowi dan Iriana menghadiri Nusantara TNI Fun Run.

Jokowi juga mengomentari rencana transisi pemerintahan. Dia mengungkapkan rasa percaya dirinya atas keberlanjutan pemerintahan. ’’Semua berjalan dengan baik,” kata Jokowi.

Menurut dia, sejauh ini tidak ada masalah. Jokowi mengaku sudah membentuk badan-badan yang sekiranya dibutuhkan saat pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Salah satunya, badan pangan untuk mendukung program makan siang bergizi yang digaungkan saat kampanye lalu.

’’Badan-badan perlu dipersiapkan sebelum pelantikan. Undang-undang juga bisa diselesaikan,” ujarnya.

Dengan langkah-langka itu, Jokowi berpandangan akan memuluskan keberlanjutan. ’’Memuluskan juga di hari pelantikan pada 20 Oktober mendatang,” tuturnya.

Namun, Jokowi tidak ingin terlibat lebih jauh soal pemerintahan Prabowo. Ketika ditanya apakah presiden terpilih itu berkonsultasi soal penyusunan kabinet, Jokowi menekankan bahwa penentuan kabinet adalah hak prerogatif presiden. (lyn/c7/oni)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #jokowi #hari #kembali #minta #menlu #pantau #konflik #timteng

KOMENTAR