Mahfud Hendak Mundur Sebagai Menkopolhukam, Sudirman Said Imbau Menteri Lain Lakukan Hal Sama
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
18:16
24 Januari 2024

Mahfud Hendak Mundur Sebagai Menkopolhukam, Sudirman Said Imbau Menteri Lain Lakukan Hal Sama

- Excecutive Co-captain Timnas AMIN Sudirman Said mengaprersiasi langkah Mahfud Md yang hendak mengundurkan diri sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Menurutnya hal itu menjadi suri tauladan baik di tengah pernyataan Presiden Joko Widodo yang justru menyampaikan menteri dan presiden boleh berkampanye dan memihak salah satu paslon dalam pemilu.

"Kalau saja seluruh menteri yang calonkan diri dan terlibat dalam kampanye mengundurkan diri, itu praktek yang sangat baik," kata Sudirman Said kepada wartawan, Rabu (24/1).   Ia mencontohkan langkahnya yang mengundurkan diri sebagai Sekretaris Jendral Palang Merah Indonesia (PMI) saat bergabung resmi sebagai tim pemenangan Anies-Muhaimin.   

  "Nah kalau kemudian itu terus dilapisi argumen, dicari-cari validasi, sebetulnya kita dengan cara sedang menurunkan standar bernegara dan itu sesuatu yang sangat buruk bagi masa depan kita," tegas Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) itu.   Sebelumnya, Calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD menyatakan dirinya akan mundur dari jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Ia menyatakan akan mundur dari Kabinet Indonesia Maju secara baik-baik.   Pernyataan ini disampaikan Mahfud saat menghadiri acara Tabrak Prof di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/1) malam. Hal itu juga sekaligus merespons pernyataan capres Ganjar Pranowo yang mengaku menyarankan Mahfud untuk mundur, untuk menghindari benturan kepentingan.   "Apa yang disampaikan ke publik sore ini adalah kesepakatan saya dengan Pak Ganjar sejak awal, bahwa saya pada saatnya yang tepat nanti pasti akan mengajukan pengunduran diri secara baik-baik," kata Mahfud.   "Jadi tidak ada pertentangan antara saya dengan Pak Ganjar, itu sebabnya kalau saudara semua cermat pada saat penutupan debat itu saya kan membacakan sebuah pernyataan. Saya berterima kasih kepada Pak Jokowi yang telah mengangkat saya 4,5 tahun yang lalu sebagai Menko Polhukam," sambungnya.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #mahfud #hendak #mundur #sebagai #menkopolhukam #sudirman #said #imbau #menteri #lain #lakukan #sama

KOMENTAR