Besok Acara Puncak Peringatan HUT ke-79 TNI di Monas, Mabes TNI Pastikan Sudah Siapkan Pengaturan dan Rekayasa Lalu Lintas
Sejumlah prajurit TNI membuat formasi berbarisan dalam gladi bersih Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
13:24
4 Oktober 2024

Besok Acara Puncak Peringatan HUT ke-79 TNI di Monas, Mabes TNI Pastikan Sudah Siapkan Pengaturan dan Rekayasa Lalu Lintas

Acara puncak peringatan HUT ke-79 TNI akan berlangsung di Lapangan Silang Monas besok (5/10). Dengan melibatkan seratus ribu pasukan dan lebih dari seribu alat utama sistem persenjataan (alutsista), belum termasuk tamu undangan yang hadir, Mabes TNI memastikan telah menyiapkan pengaturan dan rekayasa lalu lintas. Koordinasi dengan Polri jugas sudah mereka lakukan.

Tujuannya untuk memastikan agenda besar yang bakal dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto itu tidak mengganggu arus lalu lintas di Monas dan sekitarnya.

”Sudah diatur oleh bidangnya POM (Polisi Militer) dan Polisi Lalu Lintas. Jadi, masyarakat bisa masuk dan memang arus (lalu lintas) diatur sedemikian rupa,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Hariyanto pada Jumat (4/10).


Jenderal bintang dua TNI AD berlatar belakang Komando Pasukan Khusus (Kopassus) itu menyampaikan bahwa acara puncak peringatan HUT ke-79 TNI berlangsung mulai pukul 07.30 WIB.

Dia memastikan, tidak hanya tamu undangan, masyarakat umum juga boleh masuk area Monas untuk ikut menyaksikan rangkaian acara yang dilaksanakan secara besar-besaran itu. ”Masyarakat bisa masuk, nggak ada masalah,” kata dia.

Hariyanto pun menyampaikan, perbedaan paling tampak dalam HUT ke-79 TNI adalah jumlah pasukan dan alutsista yang dikerahkan.

”Di Monas terkumpul pasukan sebesar seratus ribu orang, itu dari pasukan parade yang mengawaki alutsista dan pendukung, ada yang menyiapkan segala pelaksanaan sarana dan prasarananya. Itu yang istimewa, karena upacaranya tidak hanya di sisi sebelah Monas. Tapi, pasukan itu melingkar dan ada 22 batalyon di situ tergelar,” ujarnya. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #besok #acara #puncak #peringatan #monas #mabes #pastikan #sudah #siapkan #pengaturan #rekayasa #lalu #lintas

KOMENTAR