Pendaftar CPNS Capai 4 Juta Orang, BKN Fasilitasi Kelompok Prioritas dalam Seleksi PPPK
BERI ARAHAN: Salah seorang panitia memberikan penjelasan kepada pendaftar CPNS, Selasa (24/3). Lebih dari empat ribu pendaftar gagal lolos ke tahap berikutny. (Salman Muhiddin/Jawa Pos)
12:48
4 Oktober 2024

Pendaftar CPNS Capai 4 Juta Orang, BKN Fasilitasi Kelompok Prioritas dalam Seleksi PPPK

- Animo masyarakat untuk mendaftar calon pegawai negeri sipil (CPNS) tetap tinggi. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas menuturkan, jumlah pendaftar CPNS 2024 menembus 4 juta orang.

’’Sistem penerimaan yang kita buka untuk formasi fresh graduate itu hanya sekitar 249 ribu. Tetapi, yang mendaftar itu sampai 4 juta,’’ ujar Anas di Kemenko Perekonomian, Jakarta, kemarin (3/10).

Anas menyebut hal itu buah dari upaya reformasi birokrasi yang dilakukan pemerintah di segala lini. Dia menjelaskan, sistem rekrutmen PNS telah menggunakan sistem computer assisted test (CAT) untuk mendapatkan lulusan yang memenuhi standar kompetensi. Sistem tersebut digunakan dalam seleksi CPNS sejak 2013.

Dengan berbasis sistem CAT dan real time, Anas menyebut tak ada lagi kecurangan dalam proses rekrutmen CPNS. ’’Tidak ada lagi titipan, tidak ada lagi istilah orang dalam,’’ jelas mantan bupati Banyuwangi tersebut.

Anas juga menjelaskan, target untuk menyelesaikan pengangkatan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) adalah Desember 2024. Total ada 1,7 juta tenaga honorer yang harus ditangani dari 2,3 juta yang terdaftar dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN). Untuk tahun ini, pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta beberapa instansi lain telah mengusulkan formasi sebanyak 1,2 juta.

Terpisah, Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windianto menyebutkan, kelompok pelamar prioritas (P1) dipastikan bakal terfasilitasi di seleksi PPPK 2024. Mereka masuk di level kelompok pertama. (dee/mia/c7/bay)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #pendaftar #cpns #capai #juta #orang #fasilitasi #kelompok #prioritas #dalam #seleksi #pppk

KOMENTAR