Dihadiri Jokowi hingga Prabowo, 5.614 Personel Gabungan Amankan Pelantikan Anggota Dewan di Kompleks Parlemen Senayan
Ilustrasi gedung DPR, MPR, DPD dijaga aparat. [suara.com/Bagus Santosa]
11:08
1 Oktober 2024

Dihadiri Jokowi hingga Prabowo, 5.614 Personel Gabungan Amankan Pelantikan Anggota Dewan di Kompleks Parlemen Senayan


Sebanyak 5.614 personel kepolisian disiagakan dalam pengamanan pelantikan anggota DPR/DPD/MPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Tunogudo Wisnu Andiko mengatakan ribuan persobel yang disiagakan merupakan anggota gabungan dari berbagai stake holder terkait, termasuk TNI dan pemerintah daerah.

“Polri melakukan pengamanan dengan melibatkan 5.614 personel dengan rincian satgas daerah sejumlah 4.006,” kata Truno, saat dikonfirmasi, Selasa (1/10/2024).

“Satgas Polres 585 personel, satgas pusat 598 personel dan Stakeholder terkait sejumlah 425 personel termasuk TNI dan pemerintah daerah,” tambahnya.

Baca Juga: Uya Kuya Jelang Dilantik Jadi Anggota DPR RI: Siap Bantu Selesaikan RUU Mandek

Dalam pengamanan ini, kata Truno, pihaknya mengedepankan pre-emtuf dan preventif.

“Kami bersinergi dengan instansi terkait lainnya guna meminimalisir potensi ancaman yang dapat mengganggu kamtibmas dalam rangkaian pelantikan anggota DPR/DPD 2024-2029,” ucapnya.

Truno mengatakan pihaknya juga melibatkan anggota dari unit penjinak bom (Jibom) yang menggunakan anjing pelacak K9, untuk mensterilisasi dan antisipasi teror.

“Kami juga melakukan deteksi dan identifikasi dini setiap potensi ancaman guna melakukan tindakan antisipasi dini dan sterilisasi dengan unit jibom dan K9,” pungkasnya.

Dihadiri Presiden

Baca Juga: Agak Lain, Legislator Asal Jateng Ini Pakai Kostum Ultraman Jelang Pelantikan DPR RI

Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi turut menghadiri acara pelantikan anggota DPR RI 2024-2029 di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). Tak hanya itu Presiden terpilih Prabowo Subianto juga turut hadir.

Berdasarkan pantauan Suara.com, Jokowi dan Prabowo tiba di Gedung Parlemen Senayan beriringan.

Keduanya mengenakan pakian setelan jas dan lengkap dengan peci hitam.

Baik Jokowi dan Prabowo kemudian disambut kedatangannya oleh Anggota DPR RI peridoe 2024-2029 termuda yakni Annisa Mahesa dan tertua Guntur Sasono.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #dihadiri #jokowi #hingga #prabowo #5614 #personel #gabungan #amankan #pelantikan #anggota #dewan #kompleks #parlemen #senayan

KOMENTAR