Perempuan-Perempuan Petarung di Jatim: Luluk Nur Hamidah, Khofifah Indar Parawansa, Tri Rismaharini dan 13 Calon Wali Kota/Bupati
Perempuan yang Jadi Cagub Jawa Timur: Luluk Nur Hamidah, Khofifah Indar Parawansa, dan Tri Rismaharini. (Jawa Pos)
09:08
28 September 2024

Perempuan-Perempuan Petarung di Jatim: Luluk Nur Hamidah, Khofifah Indar Parawansa, Tri Rismaharini dan 13 Calon Wali Kota/Bupati

- Luluk Nur Hamidah, Khofifah Indar Parawansa, dan Tri Rismaharini tak ubahnya Tiga Cewek Jagoan dalam film laga tahun 80-an. Laki-laki minggir dulu! Atau kalau mau, maksimal hanya bisa jadi wakil.

Karena Luluk, Khofifah, dan Risma akan bertarung memperebutkan kursi tertinggi sebagai pemimpin Provinsi Jawa Timur, sebagai orang nomor satu.

Setelah lima tahun Jatim dipimpin Khofifah, lima tahun ke depan Jawa Timur bisa dipastikan bakal dipimpin perempuan lagi.

Sangat tidak relevan kalau emansipasi harus diperjuangkan dalam konteks pilkada Jatim. Selain ketiga calon gubernur semuanya perempuan, 10 calon bupati dan wali kota juga perempuan.

Jatim, barangkali, adalah provinsi dengan gen Gayatri Rajapatni, tokoh perempuan yang oleh Earl Drake, doktor ilmu sejarah lulusan Universitas Toronto, disebut sebagai tokoh paling berpengaruh di balik kejayaan Majapahit yang didirikan Raden Wijaya. Gayatri bahkan dianggap sebagai tokoh emansipasi Indonesia pertama sebelum Kartini.

Maka itu, tak usah mempertanyakan apalagi meragukan Luluk, Khofifah, dan Risma. Mereka adalah penerus Gayatri yang bertekad membawa kejayaan Jawa Timur dalam lima tahun ke depan. (*)

---

JENNY SUGIHARTO, Komisaris PT Pondok Tjandra Indah Group

“Mari bersama memilih pemimpin yangmampu membawa pertumbuhan nyata bagi sektor property dan perekonomian Jawa Timur!” 

---

MELIA WIJAYA, Fashion designer, owner Melia Wijaya Brides

“Sebagai pengusaha wanita, tentu bangga mempunyai pemimpin wanita di era sekarang. Ini menjadi bukti bahwa wanita makin setara.” 

---

SOLIHA, Pedagang telur di Pasar Pabean

“Saya sudah tahu semua tiga orang yang nyalon jadi gubernur. Bu Khofi fah, Bu Risma, dan Mbak Luluk. Saya juga sudah punya pilihan. Sudah pernah bertemu beliau.” 

---

IMELDA MULYANI HARSONO, Executive vice president director Samator Group

“Para pemimpin Perempuan memiliki berbagai kelebihan,Mereka sering membawa inspirasi baru, memiliki empati dan pendekatan social, serta fokus pada pembangunan berkelanjutan”

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #perempuan #perempuan #petarung #jatim #luluk #hamidah #khofifah #indar #parawansa #rismaharini #calon #wali #kotabupati

KOMENTAR