Cek Fakta: Kaesang Pangarep Mengenakan Rompi Bertuliskan Cucu PKI, Benarkah?
Kaesang Pangarep (Instagram/kaesangp)
20:40
27 September 2024

Cek Fakta: Kaesang Pangarep Mengenakan Rompi Bertuliskan Cucu PKI, Benarkah?

Belakangan ini, media sosial X (sebelumnya Twitter) diramaikan oleh beredarnya sebuah foto yang menunjukkan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, mengenakan rompi bertuliskan "Cucu PKI." Foto yang diunggah akun @Kevin_imut123 ini menyebar cepat, memicu berbagai spekulasi dan perdebatan di kalangan warganet.

“Lo nyinyirin rakyat?
Gue bablasin dah..” narasi dalam unggahan tersebut, dikutip Jumat.

Hoaks Kaesang Pangarep Mengenakan Rompi bertuliskan Cucu PKI (Foto: Turnbackhoaks)Hoaks Kaesang Pangarep Mengenakan Rompi bertuliskan Cucu PKI (Foto: Turnbackhoaks)

Namun, setelah dilakukan pengecekan fakta, diketahui bahwa foto tersebut merupakan hasil suntingan. Kaesang Pangarep tidak pernah mengenakan rompi dengan tulisan tersebut.

Tim dari Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) telah memverifikasi bahwa gambar tersebut dimanipulasi. Foto asli Kaesang diambil dalam konteks berbeda, dan tulisan pada rompinya tidak ada kaitannya dengan isu PKI.

Baca Juga: Kaesang Pangarep Blusukan ke Rumah Warga Miskin, Malah Diejek Otong Koil: Kerjaan Bapakmu 2 Periode

Faktanya, Kaesang Pangarep memang menuai sorotan terkait penampilannya baru-baru ini, tetapi bukan soal tulisan Cucu PKI. Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu mengenakan rompi hitam bertuliskan Putra Mulyono, bukan Cucu PKI.

Nama "Mulyono" merujuk pada nama lahir Presiden Joko Widodo, yang kemudian diganti karena alasan kesehatan.

Kaesang mengenakan rompi bertuliskan "Putra Mulyono" saat bersilaturahmi dengan warga di Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, pada Selasa (24/9/2024). Hal ini dikonfirmasi oleh unggahan dari akun X milik Ketua DPP PSI, Sigit Widodo, @sigitwid, yang mengabadikan momen tersebut.

"Nemenin Mas Ketum blusukan ke Desa Daru, Jambe, Kabupaten Tangerang," tulis Sigit.

Dalam unggahan tersebut, Kaesang tampak mengenakan kaos hitam dengan rompi hitam bergambar siluet dan tulisan "Putra Mulyono," yang menjadi bagian dari kritik dan sindiran terhadap Presiden Jokowi.

Baca Juga: 'Akui' Gibran Rakabuming Pemilik Fufufafa, Anak Buah Kaesang Berujung Blunder

Kesimpulan
Foto Kaesang Pangarep yang mengenakan rompi bertuliskan "Cucu PKI" adalah palsu dan hasil editan. Rompi yang sebenarnya dikenakan Kaesang bertuliskan "Putra Mulyono," yang merujuk pada nama lahir Presiden Jokowi.

Editor: Bella

Tag:  #fakta #kaesang #pangarep #mengenakan #rompi #bertuliskan #cucu #benarkah

KOMENTAR