Aksi Cabul Tak Lagi Bisa Ditolerir, Kemenag Ancam Sanksi Berat Guru MAN di Gorontalo Tersangka Kasus Video Mesum
Pelaku video mesum yang viral, berprofesi sebagai guru, DH ditangkap polisi. [Gopos.id]
10:40
27 September 2024

Aksi Cabul Tak Lagi Bisa Ditolerir, Kemenag Ancam Sanksi Berat Guru MAN di Gorontalo Tersangka Kasus Video Mesum

Kementerian Agama (Kemenag) tidak akan menolerir tindakan cabul DH, guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Gorontalo yang terlibat mesum dengan siswinya. Kemenag pun memastikan akan memberikan sanksi berat kepada DH terkait video porno bareng siswi yang kini viral di media sosial. 

Soal keputusan Kemenag yang akan menjatuhkan sanksi berat kepada guru cabul itu diungkapkan oleh Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Thobib Al Asyhar.

"Kami sedang proses, guru yang bersangkutan akan segera mendapat sanksi berat sesuai regulasi. Kami tidak menolerir hal ini. Guru seharusnya melindungi peserta didiknya,” kata Thobib dalam keterangannya dikutip , Jumat (27/9/2024).

Thobib juga menyesalkan perbuatan dari guru cabul tersebut. Dia mengingatkan, setiap pengajar harus menjadi teladan bagi siswa dan masyarakat.

Baca Juga: Dicap Berbohong karena Catut Nama Rakyat Demi Ambisi IKN, Rocky Gerung: Jokowi Langgar Prinsip Pacta Sunt Servanda

Sementara itu, tindakan asusila yang dilakukan guri di Gorontalo tersebut justru melanggar disiplin pegawai negeri sipil (PNS) yang diatur dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin PNS.

Viral oknum guru dan siswi beradegan tak senonoh. (X)Viral oknum guru dan siswi beradegan tak senonoh. (X)

Pada pasal 3 huruf f diatur bahwa PNS wajib menunjukkan integritas dan keteladanan dalam sikap, perilaku, ucapan, dan tindakan kepada setiap orang, baik di dalam maupun di luar kedinasan. Sementara pasal 8 mengatur tentang hukuman disiplin, baik ringan, sedang, sampai berat.

Untuk hukuman disiplin berat, terdiri atas: a) penurunan jabatan setingkat lebih rendah selama 12 (dua belas) bulan; b) pembebasan dari jabatannya menjadi jabatan pelaksana selama 12 (dua belas) bulan; dan c) pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS.

“Kami akan memberikan sanksi berat bagi guru tersebut sebagai langkah untuk menegakkan disiplin dan memberi efek jera,” tegasnya.

DH yang terlibat dalam kasus mesum bareng siswinya itu terancam dihukum berat setelah polisi menetapkannya sebagai tersangka.

Baca Juga: 'Berantakan' Klarifikasi Roti Rp400 Ribu, Pandji Sarankan Kaesang-Erina Minta Maaf: Anda Ini Anak dan Menantu Presiden!

Kapolres Gorontalo AKBP Deddy Herman sebelumnya juga menyatakan bahwa tersangka DH dijerat pasal 81 ayat 3 UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman minimal 5 tahun dan maksimal 15 tahun. 

Total hukumannya nanti bisa ditambah sepertiga karena pelakunya berprofesi sebagai pengajar dan melakukan pelanggaran hukum kepada anak di bawah umur. 

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #aksi #cabul #lagi #bisa #ditolerir #kemenag #ancam #sanksi #berat #guru #gorontalo #tersangka #kasus #video #mesum

KOMENTAR