Karier Tia Rahmania, Rekam Jejaknya Sebelum Dipecat PDIP Tak Bisa Dipandang Remeh
Karier Tia Rahmania, Rekam Jejaknya Sebelumnya Dipecat PDIP Tak Bisa Dipandang Remeh. [Instagram]
12:48
26 September 2024

Karier Tia Rahmania, Rekam Jejaknya Sebelum Dipecat PDIP Tak Bisa Dipandang Remeh

Nama Tia Rahmania menjadi perbincangan publik setelah dia dikabarkan dipecat partainya, PDIP. Tia terancam tak dilantik sebagai anggita DPR RI periode 2024-2029.

Politikus kelahiran Palangkaraya, Kalimantan Tengah tersebut sejatinya menjadi anggota DPR RI terpilih karena memperoleh 37.359 suara di Dapil 1 Banten.

PDIP tak memberikan rincian alasan pemecatan Tia. Akan tetapi, kabar yang berhembus kencang, dia diberhentikan usai mengkritik keras Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron.

Profil Tia Rahmania

Baca Juga: Sikap Pimpinan KPK Dicap Kekanak-kanakan Usut Kasus Jet Pribadi Kaesang, MAKI: Gampang Ngambek!

Tia Rahmania lahir di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada 30 Maret 1979. Dia kecil dan besar di kota tersebut.

Perempuan berusia 45 tahun tersebut merupakan lulusan SDN Langkai 12. Dia juga pernah bersekolah di SMPN 2 Palangkaraya, dan SMAN 2 Palangkaraya.

Selepas menyelesaikan sekolah menengah atas, Tia memutuskan untuk merantau ke Jakarta dengan melanjutkan pendidikan sarjana di Universitas Indonesia mengambil jurusan psikologi.

Tia juga mengambil gelar master di kampus yang sama setelah menyelesaikan pendidikan sarjananya.

Seorang Akademisi, Dosen, dan Dekan

Baca Juga: Sepak Terjang Mentereng Tia Rahmania, Anggota DPR RI Terpilih Dipecat PDIP Diduga gegara Kritik KPK

Sebelum terjun di dunia politik, karier Tia Rahmania lebih dulu dimulai dari seorang akademisi. Dia merupakan dosen di Universitas Paramadina.

Kariernya mengajar program studi psikologi dimulai pada 2009, dan masih bertahan sampai sekarang.

Sejumlah posisi pernah diembannya, seperti sekretaris dari tahun 2013-2016 dan kepala Prodi Psikologi Universitas Paramadina dari 2016 sampai 2017. Selain itu, Tia pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Falsafah dan Peradaban pada 2017 sampai 2022.

Tia Rahmania dikenal juga aktif berorgansiasi. Dia tergabung dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (APTIKIS). Lalu aktif di pengurus KONI Provinsi Banten (2022-2025)

Dia diketahui menjabat sebagai Ketua Asosiasi Psikologi Sekolah Indonesia (APSI) Wilayah Banten dan Ketua Umum Esport Indonesia (ESI) Kabupaten Pandeglang.

Kerier Politik

Awal karier di politik dengan bergabung Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Banteng Muda Indonesia (BMI) Banten. Tia pernah menjabat sebagai ketua organisasi sayap PDIP yang dibentuk pada 29 Maret 2000 tersebut.

Kemudian dia masuk dalam jajaran pengurus DPD PDIP Banten dengan menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Ekonomi Kreatif.

Pada 2019, Tia Rahmania pernah mencoba mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari dapil Banten I, namun gagal. Suaranya kalah dengan Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya.

Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, Tia kembali mencoba maju sebagai calon anggota DPR RI dari dapil yang sama. Kali ini dia sukses menggeser dua caleg PDIP lainnya, yakni Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya yang merupakan petahana dan Bonnie Triyana yang berada di nomor urut 1.

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #karier #rahmania #rekam #jejaknya #sebelum #dipecat #pdip #bisa #dipandang #remeh

KOMENTAR