Roy Suryo Yakin 99,9 Persen Pemilik Akun Fufufafa Adalah Gibran, Ini Alasannya
Pakar telematika Roy Suryo meyakini bahwa akun KasKus Fufufafa milik Wakil Presiden RI terpilih Gibran Rakabuming Raka. (Istimewa)
08:24
26 September 2024

Roy Suryo Yakin 99,9 Persen Pemilik Akun Fufufafa Adalah Gibran, Ini Alasannya

- Pakar telematika Roy Suryo meyakini bahwa akun KasKus Fufufafa milik Wakil Presiden RI terpilih Gibran Rakabuming Raka. Ia meyakini 99,9 persen akun Fufufafa tersebut milik Gibran.

"Iya, kenapa yakin 99,9 persen, karena itu tadi dari hal semacam itu, hal yang sama itu juga dikemukakan di akun official-nya Gibran, dia punya perusahaan katering waktu itu namanya Chilli Pari," kata Roy Suryo saat berbincang dengan Akbar Faizal dalam tayangan podcast YouTube.

Menurut Roy Suryo, akun Fufufafa dan akun Chilli Pari Catering sempat menuliskan hal yang sama, pada 3 November 2014 lalu. Dalam unggahan itu, kedua akun tersebut menuliskan "Beli gunting yg kayak di Steak Gunting PIK dimana ya?".

"Di Chilli Pari dikemukakan hal yang sama, dikeluhkan hal yang sama," ungkap Roy Suryo.

Menurut Roy Suryo, unggahan akun Fufufafa kini dipaksa untuk dihapus. Menurutnya, pernyataan-pernyataan menohok yang saat itu menyudutkan salah satu tokoh bangsa diduga sebagian besar telah dihapus.

"Ada operasi penghilangan paksa terhadap akun-akun ini. Jadi dihapus, caranya hanya orang yang bisa login user ID dan pasword Fufufafa yang bisa tahu," ujar Roy Suryo.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu menekankan, warganet kini punya analisis teknik sosial, untuk menggali informasi di dunia maya.

"Siapa si Fufufafa ini, dulu emang nggak terlalu heboh, karena kan orang yang ngomong seperti Fufufafa ini banyak, tapi kenapa Fufufafa menarik? Karena akhirnya orang sekarang punya kemampuan untuk melakukan analisis, secara social technical tadi," urai Roy Suryo.

"Dari analisis bahasa ini, kita kan kemudian bisa melihat diksinya, bisa melihat frasanya, siapa dia? Orang dengan kecenderungan kata-kata yang sama atau mirip-mirip, akhirnya ketemu Fufufafa terkait, karena mereka saling komunikasi dengan yang namanya @Rakagnarly," sambungnya.

Lebih lanjut, Roy suryo membeberkan bahwa akun Fufufafa sempat lupa password. Namun, dia justru menulisnya di akun KasKus Fufufafa.

"Pernah di Fufufafa itu, dia mungkin lupa atau dia maksudnya ingin bicara japri tapi ternyata itu ter-publish, jadi dia ngaku kalau waktu itu sempat lupa password dan dia nulis di situ, prime ID-nya Rakagnarly kemudian username-nya @rkgbrn, kemudian juga namanya Fufufafa," pungkas Roy Suryo.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #suryo #yakin #persen #pemilik #akun #fufufafa #adalah #gibran #alasannya

KOMENTAR