Soal Hasil Analisa Jet Pribadi Kaesang, Nawawi Pomolango Sebut Nggak Penting Pimpinan KPK yang Harus Mengumumkan
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata (kanan) bersama Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango (kiri) dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (1/7/2024).
19:16
25 September 2024

Soal Hasil Analisa Jet Pribadi Kaesang, Nawawi Pomolango Sebut Nggak Penting Pimpinan KPK yang Harus Mengumumkan

  - Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango menyatakan, tidak penting bagi Pimpinan KPK untuk mengumumkan hasil analisa dugaan penerimaan gratifikasi terkait penggunaan pesawat jet pribadi oleh anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep. Sampai saat ini, KPK belum mengumumkan hasil analisa tersebut.   "Pimpinan enggak penting-penting amat lah harus mengumumkan yang seperti itu," kata Nawawi di Gedung ACLC KPK, Jakarta, Rabu (25/9).   Nawawi menyebut, hasil analisa terkait penggunaan jet pribadi Kaesang Pangarep akan diumumkan Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan. Ia menekankan, Pahala yang paling sering menyampaikan informasi seputar dugaan penerimaan gratifikasi itu.   "Di kedeputian pencegahan saja, sebelumnya kan beliau sering ngomong ini," ucap Nawawi.   Pernyataan Nawawi itu bertolak belakang dengan yang disampaikan Pahala beberapa waktu lalu. Sebab, Pahala mengaku sudah menyerahkan hasil analisa penggunaan jet pribadi Kaesang Pangarep.   “Sudah rampung. Hari ini saya kirim ke pimpinan nanti pimpinan yang menyampaikan,” ucap Pahala, Senin (23/9).   Pahala mengungkapkan, rencananya hasil analisa terhadap laporan dugaan penerimaan gratifikasi penggunaan jet pribadi Kaesang Pangarep disampaikan, pada Selasa (24/9) besok.   "Kayaknya besok ya (pengumuman hasil laporan jet pribadi)," ujar Pahala. Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep sebelumnya telah mengklarifikasi terkait penggunaan pesawat jet pribadi bersama sang istri Erina Gudono dalam perjalanan ke Amerika Serikat (AS), pada 18 Agustus 2024.    Kaesang mengaku jet pribadi itu merupakan milik temannya. Hal itu disampaikan Kaesang seusai menyambangi Gedung ACLC KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (17/9).   "Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang menumpang atau bahas bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya," ungkap Kaesang.    Namun, Kaesang tak menjelaskan lebih lanjut terkait temannya itu. Kaesang meminta awak media untuk menyerahkan ke KPK dan kuasa hukumnya mengenai penggunaan jet pribadi tersebut.    Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengaku kehadirannya di Gedung KPK lama itu merupakan inisiatif pribadi. "Saya datang ke sini bukan karena undangan, bukan karena panggilan, tetapi inisiatif saya sendiri," pungkasnya.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #soal #hasil #analisa #pribadi #kaesang #nawawi #pomolango #sebut #nggak #penting #pimpinan #yang #harus #mengumumkan

KOMENTAR