Pakai Rompi 'Putra Mulyono' Kaesang Disebut Sedang Tiru Jokowi-Gibran: Bisa Jadi Konsultannya Sama
Kaesang (X/sigitwid)
14:08
25 September 2024

Pakai Rompi 'Putra Mulyono' Kaesang Disebut Sedang Tiru Jokowi-Gibran: Bisa Jadi Konsultannya Sama

Gaya berpolitik Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dinilai akan mirip dengan ayah dan kakaknya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming.

Salah satu yang sudah terlihat ialah gaya Kaesang mengenakan rompi bertuliskan 'Putra Mulyono' yang seolah menjadi simbol melalui pakaian yang dipakainya.

Pengamat politik dari Universitas Soedirman, Indaru Setyo Nurprojo, menilai bahwa Kaesang sebenarnya sedang melanjutkan kultur politik yang turun temurun diperlihatkan oleh Jokowi.

"Artinya selama ini dia mencontoh dari Gibran ya, mencontoh yang dilakukan oleh Jokowi, saya pikir Kaesang polanya hampir sama," kata Indaru kepada Suara.com, dihubungi Rabu (25/9/2024).

Baca Juga: Siapa Konsultan Politik Kaesang? Disebut Sarankan Gimik Pakai Rompi 'Putra Mulyono'

Bahkan bisa jadi, Jokowi dan kedua putranya itu memiliki konsultan politiknya yang sama. Indaru mengungkapkan, tindakan Kaesang memakai rompi 'Putra Mulyono' saat blusukan itu sebenarnya mirip dengan perilaku Gibran ketika menanggapi istilah 'Samsul' hingga 'tukang parkir' yang disematkan publik kepadanya.

"Jadi ini ejekan-ejekan musuh, ejekan-ejekan lawan politik dijadikan sebuah guyonan. Menurut mereka ejekan tapi itu diolah menjadi sebuah power untuk meningkatkan (perhatian). Dan Kaesang nggak salah, memang Putranya Mulyono kan begitu," ujarnya.

Imdaru menyebut tindakan seperti itu sebenarnya bentuk 'perlawanan' balik dari anak-anak Jokowi atas sentimen publik. Terlebih, Kaesang sebenarnya bukan pertama kali melakukannya. Sebelum terjun langsung dalam politik praktis, dia juga pernah membuat lelucon yang sama menggunakan kaus saat pembahasan ramai mengenai cebong dan kampret.

"Jadi yang dilakukan oleh Kaesang, Samsul, dan lainnya itu bagian dari mencoba memberikan perlawanan tapi dengan dengan memberikan kesan ya. Sehingga orang akan ingat, mengenai kesan negatif positif itu akan diukur setelahnya. Saya membacanya dalam konteks marketing aja sih, marketing politik," pungkasnya.

Baca Juga: Kaesang Pakai Rompi Putra Mulyono, Jhon Sitorus Bahas Kepala Kosong: Dia Gagal Menjawab Masalah dengan Gagasan

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #pakai #rompi #putra #mulyono #kaesang #disebut #sedang #tiru #jokowi #gibran #bisa #jadi #konsultannya #sama

KOMENTAR