Cek Fakta: Prabowo dan Megawati Sepakat Gibran Batal Dilantik sebagai Wakil Presiden
Thumbnail unggahan Youtube yang memuat klaim bahwa Prabowo dan Megawati membuat kesepakatan untuk membatalkan pelantikan Gibran sebagai Wakil Presiden terpilih. Faktanya, klaim terebut tidak benar. (Suara.com/YouTube)
06:20
24 September 2024

Cek Fakta: Prabowo dan Megawati Sepakat Gibran Batal Dilantik sebagai Wakil Presiden

Sebuah akun Youtube dengan 74,7 ribu pengikut membuat sebuah unggahan yang mengklaim bahwa Prabowo Subianto dan Megawati Soekarnoputri sepakat untuk membatalkan pelantikan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden terpilih.

Dalam unggahannya, Akun YouTube bernama POLITIK TERBARU itu membuat judul sebagai berikut:

"TERBUKTI SECARA HUKUM !! Gibran Pemilik Sah Akun Fufufafa, MPR Batalkan Pelantikan Wakil Presiden" begitu judul konten tersebut dikutip suara.com, Selasa (24/9/2024).

Tak hanya itu saja, akun tersebut juga memasang Thumbnail pada unggahannya yang menyertakan narasi sebagai berikut:

Baca Juga: Robinsar-Fajar Dapat Nomor Urut Satu, Pastikan Siap Bertarung di Pilkada Cilegon

"Fufufafa Terbukti !!!
PRABOWO DAN MEGAWATI SEPAKAT
GIBRAN BATAL DILANTIK SEBAGAI WAKIL PRESIDEN"

Thumbnail unggahan Youtube yang memuat klaim bahwa Prabowo dan Megawati membuat kesepakatan untuk membatalkan pelantikan Gibran sebagai Wakil Presiden terpilih. Faktanya, klaim terebut tidak benar. (Suara.com/YouTube)Thumbnail unggahan Youtube yang memuat klaim bahwa Prabowo dan Megawati membuat kesepakatan untuk membatalkan pelantikan Gibran sebagai Wakil Presiden terpilih. Faktanya, klaim terebut tidak benar. (Suara.com/YouTube)

Namun begitu, apakah benar Prabowo Subianto dan Megawati Soekarnoputri sepakat untuk membatalkan pelantikan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden terpilih?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan suara.com, hingga saat ini, tidak ada berita yang menyatakan bahwa Prabowo dan Megawati membuat kesepakatan untuk membatalkan pelantikan Gibran sebagai Wakil Presiden terpilih.

Adapun gambar thumbnail dalam unggahan tersebut merupakan hasil rekayasa. Berdasarkan pemeriksaan suara.com, diketahui bahwa gambar asli dalam unggahan tersebut identik dengan foto yang ada pada artikel dari detik.com berjudul "BIN Sebut BG Jadi Aktor Penting Pertemuan Prabowo-Megawati".

Baca Juga: Riwayat Pendidikan Rizky Inggar, Diduga Sindir Gibran Rakabuming di Acara TV

Sementara itu, narasi audio yang ada dalam video tersebut juga tidak membahas atau menampilkan Prabowo dan Megawati membuat kesepakatan untuk membatalkan pelantikan Gibran sebagai Wakil Presiden terpilih.

Kesimpulan

Narasi yang mengklaim bahwa Prabowo dan Megawati membuat kesepakatan untuk membatalkan pelantikan Gibran sebagai Wakil Presiden terpilih adalah tidak benar atau hoaks. Unggahan akun YouTube tersebut mengandung informasi yang menyesatkan dan tidak sesuai fakta.

Editor: Bella

Tag:  #fakta #prabowo #megawati #sepakat #gibran #batal #dilantik #sebagai #wakil #presiden

KOMENTAR