Sebanyak 12 Kontainer Bantuan Indonesia Dari Lazisnu dan Poroz Dikirim Masuk Palestina Lewat Yordania
Kontainer bantuan masyarakat Indonesia melalui Lazisnu dan Poroz diberangkatkan menuju Palestina melalui Yordania. (Dokumentasi Lazisnu)
10:56
22 September 2024

Sebanyak 12 Kontainer Bantuan Indonesia Dari Lazisnu dan Poroz Dikirim Masuk Palestina Lewat Yordania

 

Serangan Israel kepada masyarakat Palestina di Gaza tidak kunjung berhenti. Begitupun bantuan kemanusia dari masyarakat Indonesia untuk penduduk Gaza juga terus mengalir. Terbaru sebanyak 12 unit kontainer bantuan kemanusiaan dari Indonesia dikirim masuk ke Gaza, Palestina melalui Yordania.

Bantuan kemanusiaan tersebut dikirim lewat lembaga sosial Lazisnu yang berkolaborasi dengan Perkumpulan Organisasi Pengelola Zakat (Poroz). Bantuan berisi kebutuhan pokok dan peralatan kebersihan serta kesehatan itu diberangkatkan dari Yordania pada Jumat (20/9) waktu setempat. Pelepasan belasan kontainer itu dipimpin langsung oleh Dubes RI untuk Yordania dan Palestina Ade Padmo Sarwono.

“Alhamdulillah, Jumat 20 September 2024, Lazisnu bersama Dubes RI untuk Yordania-Palestina dan 6 LAZ anggota Poroz lainnya, melepas bantuan gandum dan hygiene packages,’’ kata Direktur NU Care-Lazisnu Qohari Cholil dalam keterangannya Sabtu (21/9) malam. Dia mengatakan sebanyak 12 kontainer berangkat dari gudang bantuan kemanusiaan yang berlokasi di Zarqa Yordania menuju Palestina.

Dia berharap bantuan ini dapat segera sampai dan diterima masyarakat Palestina. Bantuan yang dikirim tersebut, secara keseluruhan bernilai sekitar Rp 5 miliar. Qohari mengatakan beberapa barang bantuan yang akan dikirimkan berupa kebutuhan pokok dan peralatan kesehatan bagi rakyat Palestina.

’’Bantuan berupa hygiene kits dan kebutuhan pokok dikirim langsung menggunakan 12 kontainer, terdiri dari 8 kontainer berisi gandum, dan 4 kontainer berisi hygiene kits,” kata Qohari. dia menyebutkan total bantuan yang dikirimkan senilai Rp 5 miliar. Sedangkan bantuan yang berasal dari NU Care-Lazsinu bernilai total Rp 1,5 miliar.

’’Jika tak ada kendala, bantuan tersebut akan diterima masyarakat Palestina di Gaza dalam waktu satu bulan,’’ katanya. Karena ada proses pengecekan dan antrean administrasi, sebelum kontainer itu masuk ke Gaza.

Sementara itu sekretaris Lazisnu PBNU Moesafa menyampaikan bahwa NU Care-Lazisnu dan lembaga amil zakat yang tergabung dalam Poroz bergerak bersama-sama untuk membantu dan meringankan beban yang diderita oleh rakyat Palestina. Khususnya akibat konflik kemanusiaan yang belum kunjung selesai.

’’Ini merupakan bantuan yang kita distribusikan ke Palestina untuk yang kesekian kalinya,’’ jelasnya. Sebelumnya mereka sudah mengirimkan bantuan kemanusiaan melalui mitra di Mesir maupun Turki. Serta melalui mitra-mitra mereka yang ada di dalam Yerusalem.

Meosfa menegaskan bantuan kemanusiaan yang dikirim lewat Yordania itu bukan bantuan terakhir. Rencananya setelah pengiriman bantuan tersebut, akan ada lanjutan pengiriman bantuan lainnya sepanjang tragedi kemanusiaan di Palestina belum teratasi.

’’Saya kira ini bentuk kepedulian, kebersamaan dan empati dari seluruh masyarakat Indonesia atas tragedi kemanusiaan yang diderita saudara-saudara kita warga Palestina,” ujarnya.

Sementara itu Duta Besar RI untuk Yordania dan Palestina Ade Padmo Sarwono menyampaikan apresiasinya kepada delegasi Poroz yang telah menginisiasi pengiriman bantuan ini. Menurut dia, langkah Poroz yang datang langsung ke Yordania untuk memastikan bantuan ini dapat disalurkan ke warga di Palestina. ’’Ini adalah wujud nyata solidaritas dan kepedulian bangsa Indonesia terhadap penderitaan rakyat Palestina,’’ ujar Ade Padmo. (*)

 

 

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #sebanyak #kontainer #bantuan #indonesia #dari #lazisnu #poroz #dikirim #masuk #palestina #lewat #yordania

KOMENTAR