BNPB Siapkan Bantuan Sewa Rumah untuk Korban Terdampak Gempa Kabupaten Bandung, Nilainya Rp 500 Ribu Per Bulan
Salah seorang warga di depan rumahnya yang rusak berat usai dihantam gempa magnitudo 4.9 di Kabupaten Bandung Jawa Barat, Jumat (20/9/2024). (ANTARA/Rubby Jovan)
18:16
20 September 2024

BNPB Siapkan Bantuan Sewa Rumah untuk Korban Terdampak Gempa Kabupaten Bandung, Nilainya Rp 500 Ribu Per Bulan

– Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mempersilakan para korban gempa bumi di Kabupaten Bandung yang rumahnya hancur untuk menyewa rumah sementara waktu. BNPB akan memberi bantuan untuk biaya sewanya.  

Kepala BNPB Suharyanto dalam keterangannya, Jumat (20/9) mengatakan, dukungan tersebut berupa Dana Tunggu Hunian (DTH) sebesar Rp 500 ribu per bulan. Dana tersebut dapat digunakan untuk membayar biaya sewa sementara sampai proses perbaikan rumah selesai dilakukan.

“Maksimal harapannya selama enam bulan itu rumahnya udah selesai. Tapi kalau memang belum ya kita lanjut sampai dengan rumahnya betul-betul jadi,” kata Suharyanto, sebagaimana dilansir dari Antara.

Suharyanto mengatakan, pihaknya meminta TNI dan Polri membentuk satuan tim untuk membersihkan puing-puing material bangunan yang rusak akibat gempa. Setelah selesai, selanjutnya akan dilakukan pembangunan dan perbaikan untuk rumah yang rusak berat, ringan, dan sedang.

“Sehingga bisa lebih cepat, karena alat berat. Setelah bersih, nanti yang rusak berat kita bangun kembali rumahnya,” katanya.

Dia menyampaikan, semua rumah yang rusak akibat gempa bumi mendapatkan bantuan perbaikan rumah dengan sumber anggaran dari pemerintah pusat.

Skema bantuan perbaikan rumah yang rusak akibat gempa, bagi yang rumahnya rusak berat akan dibangunkan rumah baru. Kemudian yang rusak sedang akan dibantu biaya perbaikan sebesar Rp30 juta, dan Rp 15 juta untuk rumah rusak ringan.

“Target rumah itu paling cepat ya kalau misalnya segera datanya masuk. Karena kita punya rumah Risha itu satu minggu bisa jadi satu rumah. Jadi kalau 500 rumah itu yang rusak berat, target dua hingga tiga bulan bisa jadi,” katanya.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat sebanyak 4.483 rumah warga terdampak gempa berkekuatan magnitudo 4.9, yang melanda wilayah Kabupaten Bandung Jawa Barat, Rabu (18/9).

Pranata Humas Ahli BPBD Jabar Hadi Rahmat mengungkapkan, hingga saat ini BPBD kabupaten/kota masih mengidentifikasi tingkat kerusakan maupun pendataan dampak lain pascagempa.

Berdasarkan tingkat kerusakannya, ada 534 rumah rusak berat, 476 rumah rusak sedang, 1.015 rumah rusak ringan, dan 2.458 rumah terdampak.

Dari jumlah tersebut, lanjut Hadi, kerusakan paling banyak terjadi di Kabupaten Bandung yakni sebanyak 3.283 rumah. Lalu di Kabupaten Garut 1.195 rumah, Kabupaten Bandung Barat 3 rumah, serta Kota Cimahi, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bogor masing-masing 1 rumah.

“Pada rumah terdampak, BPBD Jabar masih menunggu informasi dari BPBD di tingkat kota maupun kabupaten untuk menentukan tingkat kerusakannya,” katanya.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #bnpb #siapkan #bantuan #sewa #rumah #untuk #korban #terdampak #gempa #kabupaten #bandung #nilainya #ribu #bulan

KOMENTAR