Dukung Lomba Lari Bintan Marathon 2024, Pemkab Gelontorkan Dana Rp 300 Juta
Dukung Lomba Lari Bintan Marathon 2024, Pemkab Gelontorkan Dana Rp 300 Juta. (Suara.com/Lilis)
05:04
19 September 2024

Dukung Lomba Lari Bintan Marathon 2024, Pemkab Gelontorkan Dana Rp 300 Juta

Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, rogoh kocek hingga ratusan juta rupiah untuk mendukung perhelatan lomba lari Mandiri Bintan Marathon 2024. Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith menyatakan, acara yang diikuti pelari nasional hingga mancanegara itu tentunya diharapkan bisa mendongkrak pariwisata Bintan.

Sehingga, anggaran yang digelontorkan Pemkab juga sebagai upaya dari promosi pariwisata setempat. Rencananya, lomba lari tersebut akan digelar pada 2-3 November di Lagoi Bay, Bintan Resorts, Kepulauan Riau.

"(Anggaran untuk Bintan Marathon 2024) lebih kurang 300 juta, dan itu memang salah satu komitmen kita untuk menyukseskan event-event sport tourism yang ada di tempat-tempat ini," kata Muqsith kepada suara.com, ditemui usai konferensi pers Mandiri Bintan Marathon 2024 di Mandiri Club, Jakarta, Rabu (18/9/2024).

Dia berharap melalui acara tersebut bisa meningkatkan pariwisata Bintan serta perekonomian masyarakat setempat. Pasalnya, acara lari tersebut ditargetkan tak hanya diiikuti oleh peserta dalam negeri, tapi juga pelari dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Baca Juga: Gerakan Kebaikan dalam Jawara Run 2024, Lomba Lari Sambil Berdonasi

"Yang mana ekonomi hidup, konsumsinya hidup, masyarakat belanja, beli makan, beli souvenir, beli oleh-oleh yang lain," ujarnya.

Saat konferensi pers, Muqsith juga memaparkan kalau Bintan memiliki bentangan pemandangan alam yang indah serta udara yang bersih. Rute lari Bintan Marathon nanti bahkan tepat berada di dekat pantai. Sehingga pelari bisa merasakan angin sepoi-sepoi yang sejuk.

"Kita di Bintan punya keindahan alam yang elok. Jadi tepat untuk event tourism. Ke depan harapan kita event tourism makin tumbuh. Dan bisa menyehatkan paru-paru kita, keluar dari hiruk pikuk kota, cari ketenangan," tuturnya.

Selaku penyelenggara acara, Race Director iSport Pandu Bagus Buntaran menyampaikan bahwa akan ada 4 kategori pelari dalam dua hari. Yakni, marathon 42 km, half marathon 21km, 10km yang digelar pada hari kedua tangga 3 November. Serta kategori 5km dan family run 3km diselenggarakan lebih dulu apada hari pertama tanggal 2 November.

"Anda akan jauh dari pusat kota, pemandangannya sepanjang rute lari itu hijau. Dan akan banyak teman-teman dari hutan, monyet-monyet yang lucu, itu akan jadi experinece yang menyenangkan," kata Pandu.

Baca Juga: Cerita 5 Pelari Perempuan Bersiap Ikut Sydney Marathon 2024

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #dukung #lomba #lari #bintan #marathon #2024 #pemkab #gelontorkan #dana #juta

KOMENTAR