Bukan Gibran atau Bobby, KPK Kemungkinan Panggil Jokowi soal Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang
Kolase Tribunnews.com: Presiden Jokowi menanggapi soal dugaan gratifikasi berupa jet pribadi yang menyeret sang anak bungsu Kaesang Pangarep serta Erina Gudono. KPK kemungkinan bakal memanggil Jokowi terkait dugaan gratifikasi jet pribadi Kaesang, tetapi tidak memanggil Gibran atau Bobby. (Istimewa) 
17:02
17 September 2024

Bukan Gibran atau Bobby, KPK Kemungkinan Panggil Jokowi soal Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang

Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pahala Nainggolan mengungkapkan pihaknya kemungkinan akan memanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dugaan gratifikasi jet pribadi yang menjerat putra bungsunya, Kaesang Pangarep.

Pahala mengungkapkan hal tersebut lantaran Kaesang mengatasnamakan dirinya sebagai anak penyelenggara negara atau anak Jokowi saat mengisi formulir untuk melakukan klarifikasi ke KPK.

Sehingga, sambungnya, KPK tidak akan memanggil kakak Kaesang sekaligus Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka dan kakak iparnya sekaligus Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

"Di formulir disebut Kaesang melapor sebagai anak PN (penyelenggara negara). Jadi nggak ada urusan sama kakaknya. Kalau anak PN itu berarti sama ayahnya."

"(Berarti Jokowi akan dipanggil?) Belum tentu. Kasih waktu seminggu," katanya di Gedung ACLC KPK, Jakarta pada Selasa (17/9/2024).

Selanjutnya, Pahala juga mengungkapkan jika jet pribadi yang ditumpangi Kaesang merupakan hasil gratifikasi, maka yang bersangkutan harus membayar setidaknya Rp360 juta apabila per orang dikenai biaya Rp90 juta.

Pahala mengungkapkan hitung-hitungan itu berasal dari keterangan Kaesang bahwa ada tiga orang lainnya yang ikut dalam perjalanan ke AS menggunakan jet pribadi selain dirinya yaitu istrinya Erina Gudono, kakak istrinya, dan staf.

"Kalau misalnya kita sebut bahwa hasilnya ditetapkan seabgai milik negara, yang bersangkutan juga disampaikan, ditetapkan milik negara ini kan fasilitas ya jadi harus dikonversi jadi uang dan nanti disetor uangnya," ujarnya.

"Yang bersangkutan sudah bilang 'oh iya kira-kira Rp90 juta lah satu orang' seharga tiket. Ini kalau kita tetapkan milik negara," sambung Pahala.

Namun, jika dalam perkembangannya penggunaan jet itu dipermasalahkan, maka laporan dari Kaesang akan disetop.

"Kalau ditetapkan bukan milik negara ya sudah gitu saja laporannya, enggak ke mana-mana," pungkasnya.

Kaesang Datang ke KPK untuk Klarifikasi Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi

Sebelumnya, berdasarkan pantauan Tribunnews.com, Kaesang datang ke Gedung KPK untuk melakukan klarifikasi dugaan gratifikasi jet pribadi yang menjeratnya.

Kaesang datang mengenakan kemeja putih dan celana hitam panjang pada pukul 10.30 WIB.

Sosok yang juga Ketua Umum PSI nampak didampingi Sekjen PSI, Raja Juli Antoni sebelum akhirnya masuk ke dalam ruangan pada pukul 10.40 WIB.

Dia tampak hanya sebentar di dalam gedung KPK, tak sampai satu jam untuk klarifikasi ke KPK. 

Setelah itu, Kaesang bertemu dengan awak media yang telah menunggu dan mengeklaim, jet pribadi yang digunakannya bersama sang istri, Erina Gudono, merupakan kepunyaan temannya. 

Kaesang dan Erina diketahui menjadi sorotan karena menggunakan jet pribadi saat ke Amerika Serikat (AS) pertengahan Agustus lalu. 

"Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang menumpang atau bahas bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya," sebut Kaesang. 

Namun, Kaesang tidak menerangkan lebih jauh mengenai temannya yang memiliki jet tersebut. 

Ia meminta awak media untuk bertanya langsung kepada KPK dan kuasa hukumnya mengenai penggunaan jet pribadi tersebut. 

Kaesang hanya menyebut, kehadirannya di Gedung ACLC KPK merupakan inisiatif pribadi.

"Saya datang ke sini bukan karena undangan, bukan karena panggilan, tetapi inisiatif saya sendiri," ujar Kaesang.

(Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto/Ilham Rian Pratama)

Artikel lain terkait Gaya Hidup Anak dan Menantu Jokowi

Editor: Whiesa Daniswara

Tag:  #bukan #gibran #atau #bobby #kemungkinan #panggil #jokowi #soal #dugaan #gratifikasi #pribadi #kaesang

KOMENTAR