Jelang Bali International Air Show 2024, Basarnas Siagakan Seratus Personel
Basarnas melaksanakan latihan helikopter free jump sebagai bagian dari persiapan jelang Bali International Air Show 2024. (Basarnas)
20:48
16 September 2024

Jelang Bali International Air Show 2024, Basarnas Siagakan Seratus Personel

- Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo menyaksikan langsung latihan Heli Free Jump pada Senin (16/9). Latihan tersebut dilaksanakan bersama-sama oleh Basarnas Special Group (BSG) dan beberapa personel Basarnas dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram, Surabaya dan Denpasar. 

Berdasar informasi dari Basarnas, latihan basah dilaksanakan pada di Hanggar Helikopter Basarnas Kelan dan Pantai Muaya, Bali. Total tidak kurang dari 36 personel terjun dari Helikopter Dauphin HR 3603 dengan ketinggian kira-kira 10 feet. Selanjutnya mereka berenang menuju bibir pantai. Latihan tersebut dilakukan dalam lima sortie. 

Masing-masing sortie melibatkan lima orang rescuer dan seorang jumping master. Marsekal Madya Kusworo menyampaikan bahwa latihan tersebut merupakan rangkaian persiapan personel dalam gelaran Bali International Air Show 2024.

”Basarnas yang terlibat (dalam event tersebut) standby, sudah kami latihkan di H-2, dari kemarin sudah di drill kering,” terang dia.

Pada Siaga SAR Khusus kali ini Basarnas melibatkan total seratus personel. Seluruhnya disiagakan untuk mengantisipasi situasi darurat. Sebagai bagian dari persiapan tersebut, mereka juga melibatkan Tim Medis dari Rumah Sakit Nusa Medika. Rumah sakit tersebut menggerakkan satu unit ambulans, dokter, serta tenaga perawat.

”Ada 2 heli alut dari Surabaya dan ATS Bogor,” imbuhnya.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #jelang #bali #international #show #2024 #basarnas #siagakan #seratus #personel

KOMENTAR