Menggali Wawasan Baru Seni Rupa Murni dari Duta Besar India untuk ASEAN Jayant N. Khobragade
Karya-karya Duta Besar India untuk ASEAN Jayant N. Khobragade gelar pameran A Nature’s Symphony: Whispering Leaves, Joyful Dances, Gods of Grace. (Istimewa)
09:40
16 September 2024

Menggali Wawasan Baru Seni Rupa Murni dari Duta Besar India untuk ASEAN Jayant N. Khobragade

Pameran seni bertajuk A Nature’s Symphony: Whispering Leaves, Joyful Dances, Gods of Grace karya-karya Duta Besar India untuk ASEAN Jayant N. Khobragade sudah berlangsung sejak 11 September.

Pameran seni yang diselenggarakan di Mangkuluhur ARTOTEL Suites, Jakarta itu, berakhir pada Minggu (15/9). Sepanjang penyelenggaraan pameran seni itu menyedot perhatian dari berbagai kalangan.

Bukan hanya dari kalangan masyarakat umum. Melainkan mengundang dari pelajar dan pendidik dari berbagai SMA/SMK di Jakarta. Mereka tidak hanya mengunjungi, tapi juga meresapi karya seni yang unik ini. Sampai hari terakhir, beberapa sekolah sudah mengunjungi pameran seni tunggal itu. Di antaranya dari SMKN 57 Jakarta, SMK Trimulia Jakarta, SMK An-Nurmaniyah, SMKN 29 Jakarta, SMAN 70 Jakarta, SMAN 92 Jakarta, dan SMAN 52 Jakarta.

Siswa dan pengajar dari sekolah-sekolah tersebut bahkan berkesempatan bertemu Duta Besar Khobragade sekaligus dalam pameran seni itu. Pelajar yang mayoritas penggemar karya seni rupa itu sangat antusias mengeksplorasi karya-karya Khobragade.

Siswa berdiskusi dengan pengajar masing-masing dan mencoba memahami elemen dalam lukisan yang menonjolkan hubungan antara alam dan spiritualitas. Para pengajar pun berharap bahwa pameran ini bisa memperkaya perspektif seni siswa mereka.

Baik dari segi teknik, penggunaan warna, hingga konsep mendalam yang disampaikan dalam setiap karya. Seperti yang diungkapkan Zaky Fakaruddin, salah seorang pengajar yang mengajak siswanya mengunjungi pameran tersebut.

’’Melihat karya seni Duta Besar Khobragade adalah pengalaman yang sangat berharga. Para siswa bisa membuka wawasan baru mengenai seni rupa murni yang sering kali tidak mereka temui di buku pelajaran,’’ kata Zaky Fakaruddin, pengajar dari SMK Trimulia Jakarta itu.

’’Kami berharap inspirasi dari pameran ini bisa diterapkan siswa kami dalam karya seni mereka sendiri, dengan interpretasi yang lebih otentik dan orisinal,’’ sambung Zaki.

Itu sudah seperti tujuan dari digelarnya pameran seni ini. Pameran seni ini mengajak anak-anak sekolah memperluas cakrawala mereka dalam seni lukis dan puisi dengan mempelajari teknik dan gaya internasional. Diharapkan, dari pameran ini bisa membangun dan memperluas koneksi di antara pelukis internasional dan pengunjung lokal di Jakarta.

Selain itu pameran seni tersebut diharapkan bisa mendukung dan memajukan seni rupa kontemporer sambil memberi kesempatan edukatif yang berharga bagi generasi muda di Indonesia. Pameran ini merupakan bagian dari InovArt dan IndoFringe International Festival of Performing Arts. Tujuan digelarnya pameran ini untuk merayakan seni pertunjukan dan seni rupa dengan melibatkan seniman dari berbagai penjuru dunia.

Pameran ini didukung Wonderful Indonesia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Acara ini juga menegaskan pentingnya diplomasi budaya dalam memperkuat hubungan antarnegara lewat seni serta memperkaya kehidupan seni dan budaya di Indonesia.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #menggali #wawasan #baru #seni #rupa #murni #dari #duta #besar #india #untuk #asean #jayant #khobragade

KOMENTAR