Pengamat Nilai Penunjukan Raffi Ahmad Jadi Ketua Tim Pemenangan Andra Soni-Dimyati Sia-sia, Jika...
Raffi Ahmad di Andara, Jakarta Selatan pada Rabu (11/9/2024). [Suara.com/Rena Pangesti]
22:56
12 September 2024

Pengamat Nilai Penunjukan Raffi Ahmad Jadi Ketua Tim Pemenangan Andra Soni-Dimyati Sia-sia, Jika...

Pengamat politik UIN SMH Banten, Syaeful Bahri menyebut bila penunjukan Raffi Ahmad sebagi Ketua Tim Pemenangan pasangan Andra Soni - Dimyati Natakusumah (Andra-Dimyati) di Pilgub Banten 2024 merupakan pilihan tepat untuk mendongkrak elektabilitas dan popularitas.

Meski begitu, disampaikan Syaeful Bahri, penunjukan Raffi Ahmad bisa menjadi sia-sia apabila tidak dibarengi dengan rutinnya suami dari Nagita Slavina itu untuk terjun langsung menyapa masyarakat di Provinsi Banten.

"Jadi poinnya memang untuk mendongkrak elektabilitas Andra Soni. Terus apakah efektif? Kalau dari sisi marketing politik ya itu pilihan yang tidak keliru, karena sosok Raffi Ahmad bisa mengangkat sosok Andra Soni juga," ungkap Syaeful Bahri kepada suara.com, Kamis (12/9/2024).

"Catatan juga buat Raffi Ahmad, syaratnya itu jika dia betul-betul datang menemui masyarakat. Tapi kalau cuma numpang nama dan sesekali doang hadir, ya saya kira bakal sulit melewati elektabilitas Airin yang sudah 2 tahun melakukan door to door ke seluruh desa," kata mantan Ketua Bawaslu Kota Cilegon itu.

Baca Juga: Beda Reaksi Raffi Ahmad vs Baim Wong saat Masakan Istri Tidak Enak, Ada yang Nyelekit Banget

Ia menilai, penunjukan Raffi Ahmad sebagi Ketua Tim Pemenangan merupakan cara praktis yang dilakukan untuk mendongkrak elektabilitas pasangan Andra Soni-Dimyati di Pilgub Banten 2024.

Meski menurutnya, hal itu belum tentu berdampak terhadap kans kemenangan pasangan Andra Soni-Dimyati bila tidak dibarengi dengan rutin menemui para calon pemilih secara langsung.

Pengamat politik UIN SMH Banten, Syaeful Bahri. [Istimewa]Pengamat politik UIN SMH Banten, Syaeful Bahri. [Istimewa]

"Kalau sekedar numpang nama, saya sebut politik baliho tanpa ada frekuensi dari Raffi Ahmad menemui pemilih di Banten tidak gencar, ya sepertinya agak berat untuk Andra menyaingi Airin. Kecuali Raffi Ahmad terjun secara masif, misal 10 titik dalam sehari untuk menemui masyarakat sambil bawa oleh-oleh, nah itu bisa ngefek banget," terangnya.

"Tapi pembuktiannya nanti di lapangan, apakah para artis yang dipanggungkan para elit ini bisa efektif mendulang suara? Atau semata-mata masyarakat datang untuk artisnya doang? Pas pencoblosan yang dipilih tetap pilihannya, dalam demokrasi itu bisa saja terjadi," imbuh Syaeful.

Akan tetapi, disampaikan Syaeful, kans kemenangan bisa diraih oleh pasangan Andra Soni-Dimyati justru bukan dari pelibatan artis dalam Tim Pemenangan, melainkan bisa datang dari keterlibatan sosok Ketua Harian DPP Gerindra yakni Sufmi Dasco Ahmad.

Baca Juga: Makin Banyak Kedai Tutup di Pusat Kuliner Bikinan Raffi Ahmad dan Kaesang, Netizen Curiga: Namanya Juga Nyuci...

Pasalnya, lanjut Syaeful, potensi kemenangan pasangan Andra Soni-Dimyati bakal diraih apabila Sufmi Dasco Ahmad membawa "Prabowo Effect" dalam kontestasi Pilgub Banten 2024.

"Sesungguhnya Pilgub Banten bagi saya ini pertarungan marwah ketua kelas tim yang kita tahu itu Sufmi Dasco dengan trah Airin. Saya meyakini bahwa Dasco sebagai orang terdekat presiden terpilih, saya yakin Dasco akan menenteng Prabowo effect. Karena yang bisa membahayakan Airin untuk menang itu adalah Prabowo effect," papar Syaeful.

"Kalau terbukti Andra menang, berarti Dasco menggunakan Prabowo effect untuk pertarungan di Pilgub Banten," tandasnya.

Kontributor : Yandi Sofyan

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #pengamat #nilai #penunjukan #raffi #ahmad #jadi #ketua #pemenangan #andra #soni #dimyati #jika

KOMENTAR