TNI Dirikan Tenda Kesehatan dan Dapur Umum untuk Korban Erupsi Gunung Lewotobi NTT
TNI siap mendukung upaya pemulihan usai bencana erupsi Gunung Lewotobi, NTT. TNI telah mendirikan tenda kesehatan, tenda pengungsi, dan dapur umum bagi pengungsi.(Puspen TNI)
23:24
8 Januari 2024

TNI Dirikan Tenda Kesehatan dan Dapur Umum untuk Korban Erupsi Gunung Lewotobi NTT

- Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Nugraha Gumilar menyatakan TNI mendukung upaya pemulihan usai bencana erupsi Gunung Lewotobi, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Gumilar mengatakan bahwa TNI telah mendirikan tenda kesehatan, tenda, dan dapur umum bagi pengungsi.

“TNI telah mendirikan tenda kesehatan, tenda pengungsi, dan dapur umum sejak terjadi erupsi tanggal 1 Januari 2024 untuk membantu masyarakat sekitar sebagai respons TNI tanggap bencana,” kata Gumilar dalam siaran pers Puspen TNI, Senin (8/1/2024).

“Semua elemen TNI siap sedia untuk mendukung upaya pemulihan dan rekonstruksi pasca-bencana erupsi Gunung Lewotobi di NTT,” ujar Kapuspen TNI.

Gumilar menambahkan, TNI bersama instansi terkait bergerak cepat memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Tim penanganan darurat TNI telah dikerahkan untuk memberikan bantuan medis, evakuasi, dan distribusi kebutuhan pokok kepada warga yang terdampak,” ucap Gumilar.


Terbaru, Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, NTT, kembali meletus pada Senin (8/1/2024) siang.

Pos Pemantau Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki mencatat, erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 47 mm dan durasi sementara lebih kurang 2 menit 51 detik.

"Erupsi terjadi pukul 13.12 Wita, namun tinggi kolom abu tidak teramati," ujar Petugas Pos PGA Lewotobi Laki-laki, Herman Yosef Mboro dalam keterangannya, Senin.

Sementara pada periode pengamatan pukul 06.00 Wita-12.00 Wita, terjadi tiga kali gempa embusan, dua kali vulkanik dalam, serta tremor menerus dengan amplituda 3.7-7.4 mm.

Asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 500-800 meter di atas kawah.

Warga diminta tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius tiga kilometer dari pusat erupsi gunung Lewotobi Laki-laki serta empat kilometer pada arah barat laut, utara dan barat daya dari pusat erupsi gunung Lewotobi Laki-laki.

Editor: Nirmala Maulana Achmad

Tag:  #dirikan #tenda #kesehatan #dapur #umum #untuk #korban #erupsi #gunung #lewotobi

KOMENTAR