Jubir Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) Sebut Tak Semua RW akan Dapat Anggaran Rp 100-200 juta
Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil usai melakukan pertemuan secara tertutup dengan Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) di Jakarta, Kamis (5/9/2024). Dalam kunjungannya Ridwan Kamil bertukar gagasan salah satunya terkait penanganan kawasan kumuh di jakarta. (Salman Toyibi/Jawa Pos)
13:32
11 September 2024

Jubir Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) Sebut Tak Semua RW akan Dapat Anggaran Rp 100-200 juta

- Juru Bicara Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), Fahlino Sjuib, menjelaskan lebih lanjut terkait program pemberian anggaran Rp 100-200 juta untuk RW, bila mereka terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta. Ia mengatakan bahwa tak semua RW pasti mendapatkan anggaran Rp 100-200 juta tersebut.

Pemerintah Daerah akan terlebih dahulu melakukan peninjauan lebih lanjut. "Tidak semua RW dapat alokasi yang sama. Nanti akan disesuaikan karena tiap RW memiliki penduduk dengan status sosial-ekonomi yang berbeda-beda," kata Fahlino kepada wartawan, Rabu (11/9).

Program yang diusung oleh pasangan RIDO ini intinya, kata Fahlino, adalah lebih menitikberatkan pada transformasi birokrasi dan hasil dialog dengan masyarakat. "Intinya dua, transformasi birokrasi dan dialog. Program anggaran untuk RW ini adalah program dari rakyat untuk rakyat. Maka dari itu, pilihlah pemimpin yang sudah berpengalaman dalam mengelola wilayah," tuturnya.

Jika pun nantinya pemberian anggaran Rp 100-200 juta ini berjalan, ia menerangkan bahwa akan hadir kontrol sosial terkait penggunaan dana tersebut. Termasuk kontrol dari pihak yang berwenang dan kompeten termasuk aparat penegak hukum. 

"Program ini memiliki multiplier effect yang sangat positif bagi kehidupan warga. Kerukunan warga dapat menguat karena setiap warga dituntut berpartisipasi aktif dalam memanfaatkan dana untuk membiayai program pembangunan yang telah disepakati. Kesejahteraan warga juga bisa meningkat," pungkas Fahlino.

Sebelumnya, Bakal Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) berjanji akan memberi anggaran Rp 100-200 juta per RW bila terpilih nantinya. Program itu menurutnya sudah dilakukan saat dirinya menjadi Wali Kota Bandung. 

"Jakarta itu harus berkeadilan, maka salah satu programnya nanti RW-RW akan kita kasih anggaran minimal Rp 100 sampai 200 juta karena saya sudah melakukan," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (8/9) kemarin. 

Menurutnya anggaran Rp 100-200 juta per RW itu sangat mungkin dilakukan di Jakarta dengan APBD yang besar. "Masa Bandung bisa, Jakarta nggak?" ucap Ridwan Kamil.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #jubir #ridwan #kamil #suswono #rido #sebut #semua #akan #dapat #anggaran #juta

KOMENTAR