Dugaan Penerimaan Gratifikasi Kaesang Pakai Privat Jet, Jokowi Sebut Semua Sama di Mata Hukum
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep mendatangi kantor DPP PSI, Jalan Wahid Hasyim, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (4/9). (Ridwan/JawaPos.com)
23:56
10 September 2024

Dugaan Penerimaan Gratifikasi Kaesang Pakai Privat Jet, Jokowi Sebut Semua Sama di Mata Hukum

–Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait dugaan gratifikasi terhadap putra bungsunya sekaligus Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. Penggunaan jet pribadi oleh Kaesang dan istrinya, Erina Gudono ke Amerika Serikat belakangan menarik perhatian publik.

Jokowi tak banyak komentar terkait hal itu. Dia hanya menekankan, semua sama di mata hukum.

”Ya, semua warga negara sama di mata hukum, itu saja,” kata Jokowi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (10/9).

Kaesang Pangarep yang dikabarkan sempat hilang usai ramainya isu penerimaan gratifikasi privat jet itu pun terlihat di kantor DPP PSI, Jakarta, pada Rabu (4/9).

Kaesang hanya melontarkan kata singkat sambil berjalan melewati awak media yang menunggu di depan pintu masuk dan keluar kantor DPP PSI. Pantauan JawaPos.com di lokasi, Kaesang keluar dari kantor DPP PSI sekitar pukul 20.38 WIB.

Kaesang yang terlihat menggunakan kemeja biru, sebelumnya mendatangi kantor PSI sekitar pukul 15.21 WIB.

”Halo semua selamat malam, sehat-sehat semua,” ucap Kaesang sambil berjalan memasuki mobil Toyota Fortuner hitam berpelat nomor B 1566 ZZH.

Sementara itu, buntut dugaan penerimaan gratifikasi privat jet itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima laporan dari Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) dan dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun.

Sebelum menerima laporan dari masyarakat, KPK awalnya hendak mengklarifikasi penggunaan jet pribadi itu pada Kaesang. Namun, hal itu batal dilakukan.

Permintaan klarifikasi oleh Direktorat Gratifikasi KPK batal dilakukan, karena ada dua laporan masyarakat terkait Kaesang. Sehingga KPK mengalihkannya pada Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan Masyarakat (PLPM).

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #dugaan #penerimaan #gratifikasi #kaesang #pakai #privat #jokowi #sebut #semua #sama #mata #hukum

KOMENTAR