Gibran Jawab Isu Fasilitas Jet Pribadi Kaesang di Balik Kerja Sama Pemkot Solo dengan Perusahaan Marketplace
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (kiri) mendampingi Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka (tengah) di Kabupaten Bandung Barat, Kamis (22/8). (Rubby Jovan/Antara)
21:24
10 September 2024

Gibran Jawab Isu Fasilitas Jet Pribadi Kaesang di Balik Kerja Sama Pemkot Solo dengan Perusahaan Marketplace

- Mantan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka angkat suara soal perjanjian kerja sama atau MoU antara Pemkot Solo dengan PT Shopee International Indonesia yang ditandatanganinya saat masih menjabat orang nomor 1 di Kota Solo.

Diketahui belakangan, kerja sama Pemkot Solo dengan Shopee itu disorot, menyusul dugaan gratifikasi adik Gibran, Kaesang Pangarep atas penggunaan jet pribadi Gulfstream G650ER saat pergi ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Hal ini mengingat jet pribadi Gulsftream G650ER yang digunakan Kaesang dan istrinya, Erina Gudono itu disebut merupakan fasilitas yang diberikan oleh taipan asal Singapura sekaligus petinggi perusahaan SEA Limited, yang menaungi Garena dan Shopee.

Sejumlah pihak pun menduga, fasilitas jet pribadi ini ada kaitannya dengan perjanjian kerja sama yang ditandatangani Gibran saat menjabat Wali Kota Solo dengan Shopee.

Setelah beberapa waktu bungkam atas isu tersebut, Gibran yang dicecar pertanyaan oleh awak media pun akhirnya buka suara.

Gibran mengatakan, dalam kerja sama yang ditandatanganinya tidak ada perjanjian soal kepemilikan jet. "Nggak ada kayak gitu, ngawur," katanya saat ditemui di Solo, Selasa (10/9).

Menurut dia, perjanjian dengan Shopee merupakan kerja sama profesional yang juga melibatkan Pemkot Solo dan Solo Technopark (STP).

"MoU-nya (nota kesepakatan) profesional antara Pemkot Solo, Technopark, dan Shopee. Nggak ada yang kayak gitu, kami profesional ya," ungkapnya dikutip Radar Solo (Jawa Pos Group).

Sebelumnya, MoU Shopee dengan Pemkot Solo adalah kerja sama mengembangkan UKM di Solo. Salah satunya dengan keberadaan Shopee Creative & Innovation Hub yang memiliki kantor di tanah milik Pemkot Solo. Tepatnya di Solo Technopark (STP).

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #gibran #jawab #fasilitas #pribadi #kaesang #balik #kerja #sama #pemkot #solo #dengan #perusahaan #marketplace

KOMENTAR