Cek Fakta: Bikin Heboh Dunia, Cristiano Ronaldo Hampiri Kiper Timnas Maarten Paes di Ruang Ganti
Cek Fakta: Bikin Heboh Dunia, Cristiano Ronaldo Hampiri Kiper Timnas Maarten Paes di Ruang Ganti [YouTube]
09:04
10 September 2024

Cek Fakta: Bikin Heboh Dunia, Cristiano Ronaldo Hampiri Kiper Timnas Maarten Paes di Ruang Ganti

Kiper atau penjaga gawang Timnas Indonesia, Maarten Paes belakangan ini menjadi sorotan publik lantaran telah berhasil mengambil hati masyarakat Tanah Air, saat menghadapi Timnas Arab Saudi pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Maarten Paes juga berhasil menarik perhatian publik usai berhasil menebus kesalahan sendiri dengan menggagalkan tendangan penalti dari gelandang Timnas Arab Saudi, Salem Al Dawsari.

Penjaga gawang Timnas Indonesia yang baru ini juga berulang kali berhasil menyelamatkan gawangnya dengan 2 kali diving save serta 4 kali recovery bola. Ia sampai dijuluki sebagai Man of the Match.

Namun, baru-baru ini beredar di media sosial terkait kabar bintang sepak bola dunia, Cristiano Ronaldo memberikan pujian kepada Maarten Paes.

Baca Juga: Israel Terus Bombardir Gaza, Sosok Ini Sebut Musuh Besar Netanyahu Adalah Iran dan Hizbullah

Tidak hanya itu saja, kabar beredar itu juga menyebutkan bahwa pemain Al Nassr, Cristiano Ronaldo juga langsung menghampiri Maarten Paes di ruang ganti.

Kabar tersebut diketahui dari salah satu unggahan akun YouTube Goat News.

Berikut Narasinya:

Kapten timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, usai cetak gol ke-900 sepanjang kariernya saat melawan Kroasia pada laga UEFA Nations League, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. (Instagram/cristiano)Kapten timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, usai cetak gol ke-900 sepanjang kariernya saat melawan Kroasia pada laga UEFA Nations League, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. (Instagram/cristiano)



"BIKIN HEBOH DUNIA CRISTIANO RONALDO HAMPIRI MARTIN PAES DI RUANG GANTI SAMPAI BUAT PENGAKUAN BEGINI," tulis judul unggahan pada 7 September 2024 itu.

"Langsung di sambut Ronaldo, Cristiano Ronaldo takjub dengan kehebatan kiper Indonesia," tulis pada tumblar itu.

Baca Juga: Susul Mees Hilgers, 4 Pemain Keturunan yang Berpotensi Segera Jalani Proses Naturalisasi

Namun apakah benar informasi itu?

Setelah dilakukan penelusuran oleh , dalam video tayangan tersebut memperlihatkan sebuah cuplikan pertandingan Timnas Indonesia vs Arab Saudi.

Tidak hanya itu saja, pada suara dalam video itu tampak memaparkan aksi gemilang kiper baru Timnas Maarten Paes, hingga mendapatkan pujian dari Shin Tae-yong.

Pada video unggahan dengan durasi 9:00 menit itu tidak terlihat adanya Cristiano Ronaldo menghampiri langsung Maarten Paes di ruang ganti, hingga memberikan pengakuan mengejutkan tersebut.

Penjelasan:

Setelah dilakukan penelusuran tidak ada pemberitaan soal Cristiano Ronaldo menghampiri langsung Maarten Paes.

Kesimpulan:

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim Cristiano Ronaldo menghampiri langsung Maarten Paes di ruang ganti itu termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi atau berita bohong (Hoaks).

Sekilas Tentang Maarten Paes

Pemilik nama lengkap Maarten Vincent Paes ini lahir di Nijmegen, Belanda pada 14 Mei 1998. Meski dari negeri seberang, dalam dirinya ternyata mengalir darah Indonesia.

Kiper naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes (Instagram/maartenpaes)Kiper naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes (Instagram/maartenpaes)

Tak disangka, nenek Paes yang lahir pada 20 Maret 1940 adalah orang Indonesia yang berasal dari Kota Pare, Kediri, Jawa Timur.

Kini Paes tengah berkarier di FC Dallas yang berlaga di Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat.

Paes memulai kariernya di lapangan hijau ketika ia bergabung dengan akademi VV Union, lalu lanjut ke NEC Nijmegen pada 2012.

Paes berhasil masuk dalam tim U-17 dan U-19 Nijmegen. Dan pada 2018, ia naik ke tim senior ketika usianya menginjak 18 tahun.

Performa Paes di Nijmegen mencuri perhatian FC Utrecht hingga kemudian klub itu merekrutnya pada 2018, sengan kontrak selama empat tahun.

Selama merumput bersama Utrecht, Paes mencatatkan 48 penampilan di semua kompetisi dan total 4.264 menit permainan. Dan selama itu, Paes pernah kebobolan 63 gol dan 12 kali clean sheet.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #fakta #bikin #heboh #dunia #cristiano #ronaldo #hampiri #kiper #timnas #maarten #paes #ruang #ganti

KOMENTAR