Cek Fakta: Winger Manchester United Gemparkan Publik, Ibu Antony Santos Beberkan Anaknya Berdarah Indonesia
Cek Fakta: Winger Manchester United Gemparkan Publik, Ibu Antony Santos Beberkan Anaknya Berdarah Indonesia [YouTube]
08:16
10 September 2024

Cek Fakta: Winger Manchester United Gemparkan Publik, Ibu Antony Santos Beberkan Anaknya Berdarah Indonesia

Beredar di media sosial yang menyebutkan bahwa salah satu Winger Manchester United Antony Santos memiliki darah keturunan Indonesia, bahkan pengakuan itu diungkapkan langsung sang ibu.

Kabar Winger Manchester United gemparkan publik lantaran ibu dari Antony Santos, beberkan anaknya berdarah Indonesia dan siap menjalani Naturalisasi, untuk menjadi pemain Timnas Tanah Air diunggah akun YouTube Goat News.

Berikut Narasinya:

"GEMPARKAN PUBLIK SEPAKBOLA IBU ANTONIO SANTOS BEBERKAN BAHWA ANAKNYA MEMANG BERDARAH INDO," tulis judul pada 9 September 2024.

Baca Juga: Israel Terus Bombardir Gaza, Sosok Ini Sebut Musuh Besar Netanyahu Adalah Iran dan Hizbullah

"ANTONIO SANTOS BERDARAH INDO, IBU ANTONIO SANTOS BEBERKAN ANAKNYA PUNYA DARAH KETURUNAN INDONESIA," tulis pada tumblar itu.

Namun Apakah Benar Informasi itu?

Setelah dilakukan penelusuran oleh , pada tayangan tersebut memperlihatkan sebuah cuplikan bahwa Antony Santos yang merupakan pemain Timnas Brazil itu tengah berlatih.

Dalam video itu juga turut membahas soal adanya kemungkinan PSSI akan melakukan naturalisasi Antony menjadi WNI karena punya darah keturunan Indonesia.

Penjelasan:

Baca Juga: Susul Mees Hilgers, 4 Pemain Keturunan yang Berpotensi Segera Jalani Proses Naturalisasi

Setelah dilakukan penelusuran kembali pada unggahan video berdurasi 08:01 menit itu, tak ada yang menyebutkan hingga memastikan bahwa Antony punya darah Indonesia.

Namun ada salah satu media lahatpos yang memberitakan dengan judul "Erick Thohir Tambah Gelandang Sayap, Antony Santos Pemain MU Gabung Indonesia, Kualifikasi Piala Dunia 2026,"

Akan tetapi dilansir dari pemberitaan okezone dengan judul "Winger Manchester United Antony Santos Bakal Dinaturalisasi untuk Bela Timnas Indonesia? Pengamat Sepakbola Bilang Begini,"

Pada pembahasan berita itu menyebutkan bahwa Antony memang mustahil dinaturalisasi menjadi WNI. Sebab, pemain berusia 24 tahun itu telah tampil sebanyak 20 kali di Timnas Brasil, yang mana melebihi jumlah minimal yang ditentukan FIFA jika seorang pemain hendak dinaturalisasi.

Belum lagi, Antony juga tidak punya darah keturunan Indonesia sama sekali. Ia jelas tidak memenuhi ketentuan untuk mengajukan permohonan menjadi WNI sesuai undang-undang yang berlaku.

Winger Manchester United, Antony saat berlatih bersama Timnas Brasil. [Dok. AFP]Winger Manchester United, Antony saat berlatih bersama Timnas Brasil. [Dok. AFP]

Kesimpulan:

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim Winger Manchester United Gemparkan Publik, Ibu Antony Santos Beberkan Anaknya Berdarah Indonesia termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi atau berita bohong (Hoaks).

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #fakta #winger #manchester #united #gemparkan #publik #antony #santos #beberkan #anaknya #berdarah #indonesia

KOMENTAR