CEK FAKTA: Mahfud Md Klaim Deforestasi Di Indonesia Lebih Luas Dari Korea Selatan Atau 23 Kali Pulau Madura, Benarkah?
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD [YouTube]
22:08
21 Januari 2024

CEK FAKTA: Mahfud Md Klaim Deforestasi Di Indonesia Lebih Luas Dari Korea Selatan Atau 23 Kali Pulau Madura, Benarkah?

Calon wakil presiden nomor urut 03, Mahfud Md mengatakan, luas hutan Indonesia yang mengalami deforestasi selama 10 tahun terakhir lebih luas dari negara Korea Selatan atau 23 kali luas Pulau Madura.

Hal itu disampaikan Mahfud Md saat mengikuti debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu (21/1/2024) malam.

Untuk diketahui, tema debat cawapres kali ini membahas masalah pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

“Deforestasi 12,85 juta hektare, lebih luas dari Korea Selatan (Korsel) dan 23 kali luas Pulau Madura dalam 10 tahun terakhir,” kata Mahfud Md menanggapi pernyataan cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka soal pencabutan izin usaha pertambangan (IUP) apabila ada perusahaan yang tak menjaga lingkungan.

“Mencabut itu banyak mafianya saya sudah mengirim tim 8, sudah putusan MA. Pernyataan cabut saja IUPP-nya? Nah itu masalahnya mencabut IUPP itu banyak mafianya. Saya sudah mengirim tim ke lapangan, tapi ditolak, meski sudah putusan MA, tetap seperti itu,” tambah Mahfud.

Lantas, benarkah klaim dari Mahfud Md soal deforestasi di Indonesia lebih luas dari Korea Selatan?

Menurut Global Forest Watch, dalam rentang 2001-2022 Indonesia mengalami deforestasi hingga 29,4 juta hektare. Bahkan, dalam sepuluh tahun (2012-2022), Indonesia telah mengalami deforestasi 15,848 juta hektare.

Luas wilayah Korsel di angka 10,021 juta hektare, sementara luas hutan di Indonesia yang mengalami deforestasi 10 tahun terakhir di angka 15,848 juta hektare menurut Global Forest Watch, dan 12,85 juta hektare, menurut Mahfud Md.

Lead, Knowledge Generation Koalisi Sistem Pangan Lestari, Udiana Puspa Dewi, mengatakan deforestisasi di Indonesia telah memperparah perubahan iklim yang mengakibatkan banjir yang, dengan tinggi air mecapai 1-4 mm per tahun dan tanah longsor.

Di daerah seperti pesisir jawa, deforestisasi berkontribusi dalam menurunnya permukaan tanah 6-26 cm per tahun, yang berdampak pada tergenangnya pemukiman penduduk.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #fakta #mahfud #klaim #deforestasi #indonesia #lebih #luas #dari #korea #selatan #atau #kali #pulau #madura #benarkah

KOMENTAR