Sama-Sama Merah, Adu Gaya Sri Mulyani dan Puan Maharani Pakai Baju Adat Hadiri HUT RI ke-79 di IKN
Ketua DPR RI Puan Maharani dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di peringatan HUT ke-79 RI di IKN.
18:10
17 Agustus 2024

Sama-Sama Merah, Adu Gaya Sri Mulyani dan Puan Maharani Pakai Baju Adat Hadiri HUT RI ke-79 di IKN

Puncak acara Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI  dilaksanakan di Istana Ibu Kota Nusantara (IKN). Acara tersebut dihadiri oleh seluruh pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya, Iriana.

Ini adalah momen bersejarah karena untuk pertama kalinya upacara kemerdekaan digelar di IKN. Dari semua yang hadir dalam acara tersebut, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kompak memakai baju adat bernuansa merah.

Seperti apa gaya keduanya saat menghadiri upacara kemerdekaan di IKN? Simak ulasannya berikut ini.

Gaya Sri Mulyani Indrawati

Baca Juga: Jokowi Ajak Surya Paloh Keliling IKN di Area Istana Negara

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku antusias mengikuti upacara Peringatan Hari Kemerdekaan perdana di IKN. Sri Mulyani terlihat anggun mengenakan baju adat berwarna merah marun, bersama sang suami, Tony Sumartono.

Lewat unggahan Instagram, ia pun melempar pertanyaan pada warganet untuk menebak daerah asal pakaian adat yang ia pakai. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengenakan kebaya Merah saat hadiri upacara HUT RIMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengenakan kebaya Merah saat hadiri upacara HUT RI

"Kami pun mengenakan baju adat dalam mengikuti upacara kali ini. Ada yang tahu pakaian adat yang saya kenakan berasal darimana?" tanya Sri Mulyani.

Sejumlah netizen lantas menebak bahwa Sri Mulyani memakai baju adat Sunda. Hal itu lantaran motif batik Merak Ngibing yang ia kenakan sebagai bahawan untuk melengkapi kebaya serta selendang merahnya.

Diketahui motif batik Merak Ngibing ini berasal dari Jawa Barat. Di sisi lain, batik ini juga menjadi pakaian khas warga di daerah Tasikmalaya sampai Garut.

Baca Juga: Thariq Halilintar Dapat Undangan Upacara HUT RI di IKN, Malah Ramai Dicibir Warganet

Bicara soal baju adat dalam acara peringatan Hari Kemerdekaan RI, tahun lalu Sri Mulyani berhasil jadi pemenang busana adat terbaik dalam perayaan HUT ke-78 RI.

Ketika itu, ia mengenakan pakaian adat Soe dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. Dan sebagai hadiah, ia mendapatkan sebuah sepeda dari Presiden Jokowi.

Gaya Puan Maharani

Sama seperti Sri Mulyani Indrawati, Ketua DPR RI Puan Maharani juga mengikuti upacara peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara, Sabtu (17/8/2024).

Dalam kesempatan itu, Puan mengenakan Kebaya Kartini berwarna merah delima. Warna itu diyakini sebagai cermin semangat emansipasi perempuan.

Penampilan putri Megawati Soekarnoputri ini terlihat dalam unggahan di akun Instagramnya @puanmaharani.

Menurutnya, pakaian adat yang ia kenakan sangat cocok di pakai di IKN yang berada di Kalimantan, dimana alamnya masih asri.

“Kebaya Kartini dengan daun dan bunga pada kain jarik dan selendang, berpadu warna alam kecoklatan memang pas ya dipakai di tanah Kalimantan yang masih alami ini…,” tulisnya.

Dalam unggahan itu, Puan juga menjelaskan filosofi warna Kebaya Kartini yang ia kenakan dalam kesempatan itu.

“Merah itu berani, merah adalah semangat bara api menuju masa depan negeri…” sambungnya.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #sama #sama #merah #gaya #mulyani #puan #maharani #pakai #baju #adat #hadiri

KOMENTAR