Sederet Lomba 17an Lucu dan Kekinian, Cocok untuk Anak, Ibu sampai Bapak!
Sederet Lomba 17an Lucu dan Kekinian, Cocok untuk Anak, Ibu sampai Bapak! (Freepik)
20:18
6 Agustus 2024

Sederet Lomba 17an Lucu dan Kekinian, Cocok untuk Anak, Ibu sampai Bapak!

Menggelar berbagai perlombaan telah menjadi kebiasaan saat memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Acara tersebut tak hanya melibatkan anak-anak dan remaja, tetapi juga para ibu-ibu. Peran ibu-ibu dalam lomba 17 Agustus cukup signifikan, karena semangat mereka mampu memeriahkan suasana. Selain menjadi penonton, ibu-ibu juga dapat ikut serta memeriahkan acara sebagai peserta lomba.

Berikut beberapa ide dan daftar lomba 17 Agustus yang kreatif, lucu, dan kekinian untuk ibu-ibu, bapak-bapak, dan anak-anak. Apa saja lombanya?

Ide Lomba 17 Agustus untuk Anak-anak

Berikut ini ide lomba 17 Agustus yang cocok untuk anak-anak:

1. Lomba Menangkap Ayam atau Bebek: Lomba ini sangatlah cocok apabila dilakukan oleh anak-anak. Selain dapat melatih ketangkasan, lomba ini juga dapat melatih rasa keberanian pada anak. Namun, panitia harus siap jika ayam atau bebek menyerang anak-anak.

Baca Juga: 20 Soal Cerdas Cermat 17 Agustus Tingkat SD Beserta Jawabannya

2. Lomba Makan Biskuit: Jika makan kerupuk sudah umum, cobalah dengan lomba makan biskuit. Caranya bisa seperti makan kerupuk, atau letakkan biskuit di dahi peserta, sehingga mereka harus menurunkan biskuit ke mulut tanpa bantuan tangan.

3. Lomba Balap Karung dengan Helm: Lomba balap karung sudah biasa, tapi jika peserta anak-anak disuruh memakai helm dewasa, pasti akan lebih lucu. Mereka akan kesulitan mencapai garis finish.

4. Kontes Fashion: Kontes fashion bisa diadakan dengan berbagai metode, seperti menggunakan kain sisa, plastik bekas, atau material daur ulang lainnya. Pemenangnya adalah peserta yang menunjukkan kreativitas dan gaya yang paling menarik.

5. Lomba Tahan Ketawa: Anak kecil lebih mudah tertawa dibandingkan orang dewasa. Jika mereka menjadi peserta lomba tahan ketawa, pasti akan sulit. Goda mereka dengan video lucu, gerakan lucu, atau dengan gelitikan.

6. Lomba Menggiring Kelereng dengan Sendok: Kompetisi menggiring kelereng menggunakan sendok yang diletakkan di mulut tetap seru untuk diadakan. Dianjurkan agar peserta membawa sendok dari rumah masing-masing.

Baca Juga: Ibu-Ibu Hits Merapat! 45 Ide Lomba 17 Agustus Kekinian dan Seru Banget

7. Lomba Kuda-kudaan Ngedot: Lomba ini bisa dilakukan anak bersama ayahnya. Ayah menjadi kuda sambil ngedot dengan tangan dan kaki sebagai tumpuan, sedangkan anak menjadi penunggang. Yang sampai finis duluan adalah pemenangnya.

8. Lomba Memecahkan Balon Air: Kompetisi memecahkan balon air dengan mata tertutup masih berlangsung. Untuk menambah keseruan, ajaklah peserta untuk berdansa sambil berputar sehingga mereka akan lebih kesulitan dalam menemukan balon air mereka.

Ide Lomba 17 Agustus untuk Remaja

Berikut ini ide lomba 17 Agustus yang cocok untuk remaja:

9. Kompetisi Panjat Pinang: Kompetisi panjat pinang adalah kegiatan yang selalu ada pada tanggal 17 Agustus. Biasanya, perbedaan terletak pada hadiah-hadiah yang digantung di bagian atas pinang. Makin menarik hadiah-hadiah tersebut, makin ketat pula persaingan di antara peserta.

10.Makan Bakso Jumbo: Mengganti lomba makan kerupuk dengan makan bakso jumbo akan membuat tantangan menjadi lebih sulit. Ukuran besar dan bentuk bulat dari bakso membuatnya lebih susah untuk digigit tanpa bantuan tangan. Para peserta mungkin perlu mengosongkan perut mereka terlebih dahulu.

11. Lomba Egrang: Lomba egrang merupakan latihan yang bagus untuk melatih keseimbangan. Walaupun cocok untuk anak-anak, ukuran egrang harus disesuaikan dengan tinggi mereka dan peserta perlu berlatih terlebih dahulu.

12. Futsal Daster Helm: Remaja biasanya suka futsal. Agar lebih sulit, peserta harus memakai daster dan helm. Peserta harus hati-hati agar tidak jatuh saat berlari.

13. Memindahkan Belut: Belut yang licin sulit ditangkap. Lomba ini dilakukan dengan memindahkan belut dari ember ke dalam botol.

14. Lomba Mengambil Koin: Dalam perlombaan ini, peserta harus mengambil koin dengan mulut sambil tangan mereka terikat. Koin diletakkan di atas permukaan semangka, dan pewarna makanan digunakan untuk memberikan warna-warni pada wajah peserta.

15. Mengalihkan Karet Menggunakan Sedotan: Kompetisi mengalihkan karet dengan sedotan dapat dilakukan secara estafet. Aktivitas ini memerlukan kerjasama tim yang solid. Pemenang bisa ditentukan berdasarkan kecepatan atau jumlah karet yang berhasil dikumpulkan.

Ide Lomba 17 Agustus untuk Bapak-bapak

Berikut ini ide lomba 17 Agustus yang cocok untuk bapak-bapak:

16. Merias dengan Mata Tertutup: Biasanya kegiatan merias identik dengan ibu-ibu, namun kini giliran bapak-bapak yang melakukannya. Kompetisi ini melibatkan dua orang dalam tim, di mana salah satu anggota tim harus merias dengan mata tertutup. Lomba ini juga bisa diikuti oleh pasangan suami istri. Pemenangnya adalah tim yang berhasil merias dengan paling tepat.

17.Lomba Tarik Tambang: Lomba tarik tambang adalah aktivitas yang sangat cocok untuk bapak-bapak. Untuk menambah tantangan, bapak-bapak bisa mengenakan daster atau sarung, atau tempat berlomba bisa dibuat licin.

18. Tantangan Mengonsumsi Rengginang: Para pria memang gemar makan, namun bagaimana jika mereka harus memakan rengginang dalam jumlah banyak? Pastinya akan terasa tersendat di tenggorokan. Pemenangnya adalah mereka yang mampu memakan rengginang terbanyak sebelum menyerah.

19.Tantangan Meniup Balon: Kegiatan meniup balon bisa menjadi sangat menarik bagi para pria. Peserta yang berhasil meniup balon hingga ukuran tertentu paling besar akan menjadi pemenangnya.

20. Pekik Merdeka: Pekik merdeka bisa dilakukan sebagai hiburan setelah acara malam tirakatan. Peserta memekikkan kata "merdeka" sepanjang mungkin. Yang paling lama adalah pemenangnya.

Ide Lomba 17 Agustus untuk Ibu-ibu

Berikut ini ide lomba 17 Agustus yang cocok untuk ibu-ibu:

21. Lomba Balap Bakiak: Ibu-ibu bisa mengikuti lomba balap bakiak secara tim. Satu tim terdiri dari tiga atau empat orang. Kekompakan adalah kunci untuk menang.

22. Estafet Tuang Air: Lomba estafet tuang air dilakukan secara tim. Semakin banyak anggota tim, semakin sulit. Air dipindah ke wadah peserta lain yang ada di belakangnya, tanpa bisa melihat ke belakang.

23. Estafet Pindah Tepung: Selain estafet pindah air, ibu-ibu juga bisa mengikuti lomba estafet tepung. Tepung dipindahkan secara estafet, banyak tepung tumpah dan membuat peserta menjadi adonan.

24. Lomba Memasukkan Benang ke Jarum: Ibu-ibu pasti sudah tak asing dengan benang dan jarum. Lomba ini menjadi pembuktian apakah mereka bisa menjahit. Yang tercepat adalah pemenangnya.

25. Lomba Gebuk Bantal: Dalam lomba ini, peserta akan berdiri di atas papan selebar satu kaki. Mereka akan saling memukul bantal hingga salah satu peserta jatuh. Keseruan bertambah jika papan tersebut diletakkan di atas area yang licin atau di atas aliran sungai dangkal.

26. Tebak Kata: Para ibu dapat berpartisipasi dalam lomba tebak kata, mirip dengan permainan anak-anak di televisi. Dengan menggunakan headset yang memutar musik keras, peserta harus menebak kata yang diucapkan teman mereka yang suaranya tidak terdengar.

27. Menendang Bola dengan Terong: Ketangkasan ibu-ibu diuji dalam lomba ini dengan menggunakan terong untuk menendang bola. Terong diikat di pinggang dengan tali, dan peserta harus menggunakannya untuk mengarahkan bola. Pemenangnya adalah yang tercepat mencapai garis finis.

Itulah ide dan daftar lomba 17 Agustus yang unik dan lucu untuk anak-anak,  bapak-bapak, dan ibu-ibu. Kini, Anda tidak perlu bingung lagi memilih lomba untuk kampung atau sekolah.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #sederet #lomba #17an #lucu #kekinian #cocok #untuk #anak #sampai #bapak

KOMENTAR