Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh, Penderita Migrain Dilarang?
Buah Semangka. [Dok.Pixabay]
19:53
29 Juli 2024

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh, Penderita Migrain Dilarang?

Semangka salah satu buah-buahan manis yang digemari banyak orang. Bentuknya bulat besar dan lonjong. Warna kulit hijau, namun dagingnya ada yang merah dan merah muda hingga mengandung air da berbiji.

Melansir verywellhealth.com, semangka adalah buah yang mengandung 91 persen air ini memiliki serat yang baik untuk menjaga berat badan dan mencegah dehidrasi.

Kandungan air dalam semangka juga dapat membantu membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, menyehatkan pencernaan, serta mencegah sembelit.

Serat adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna, ini penting untuk membuat pencernaan tetap teratur dan membantu membersihkan bakteri serta penumpukan lain di saluran pencernaan untuk meningkatkan kesehatan usus.

Semangka juga mengandung vitamin C dan A yang baik untuk menjaga mata tetap sehat, terutama dalam hal kesehatan retina, penglihatan meredup, dan warna penglihatan.

Sementara itu, laporan tersebut mengutip Jurnal Preventive Medicine and Hygiene (JPMH) tahun 2022 bahwa semangka juga mengandung sitrulin yang memiliki potensi antioksidan dan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) di dalam tubuh.

Buah bergizi ini juga mengandung likopen yang juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet (UV) dari matahari serta berkontribusi terhadap fungsi sistem kekebalan tubuh, pengurangan risiko kanker prostat, dan kesehatan jantung.

Berdasarkan Data Departemen Pertanian AS, satu porsi semangka potong dadu memiliki profil nutrisi berikut (dalam gram/g, miligram/mg), mikrogram/mcg), atau persen dari Nilai Harian (% Daily Value/DV):
- Kalori: 46
- Protein: 0,9 g
- Lemak: 0,2 g
- Karbohidrat: 11,5 g
- Serat: 0,6 g
- Gula: 9,4 g
- Vitamin C: 12,5 mg: 14% DV
- Vitamin A: 43 mcg: 5% DV

Efek samping konsumsi semangka secara berlebihan juga dimungkinkan. Dimana, seseorang dengan migrain atau masalah pencernaan (sindrom iritasi usus besar) mungkin perlu memperhatikan jumlah konsumsi semangka mereka karena dapat memicu gejala.

Editor: Riki Chandra

Tag:  #manfaat #buah #semangka #untuk #kesehatan #tubuh #penderita #migrain #dilarang

KOMENTAR