Bahaya! Jangan Makan Pepaya Bersamaan dengan Buah-buahan dan Makanan Ini
Ilustrasi pepaya. [Dok.Pixabay]
18:31
29 Juli 2024

Bahaya! Jangan Makan Pepaya Bersamaan dengan Buah-buahan dan Makanan Ini

Buah pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk melancarkan pencernaan. Tetapi, ada buah dan makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan pepaya. Apa saja?

Melansir dari berbagai sumber, buah pepaya mengandung nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, serat, magnesium, dan folat. Pepaya juga disebut memiliki sifat antioksidan, anti-kanker, dan anti-inflamasi.

Namun, ada sejumlah buah dan jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan pepaya. Sebab, hal itu dikhawatirkan akan memberikan ketidaknyamanan pada pencernaan.

Berikut buah dan makanan yang tak boleh dimakan bersamaan dengan pepaya:

1. Mentimun

Makan mentimun dengan pepaya dapat menyebabkan perut kembung, terasa tidak nyaman, kram, dan diare. Sebab, mentimun diketahui memiliki kandungan air yang tinggi dan pada akhirnya menyebabkan kadar air berlebih dalam tubuh.

4. Jeruk

Mengonsumsi buah-buahan sitrus seperti jeruk dan lemak bersama dengan pepaya dapat menimbulkan rasa asam dan menyebabkan masalah pencernaan.

Pepaya dan buah jeruk mengandung vitamin C tingkat tinggi dan dapat menyebabkan refluks asam, mulas, dan iritasi lambung.

3. Produk susu

Mengonsumsi produk olahan susu seperti susu, keju, mentega, atau yogurt dengan pepaya dapat menyebabkan masalah pencernaan dan kram perut.

Pepaya mengandung enzim seperti papain dan chymopapain yang dapat mengentalkan susu dan mempengaruhi pencernaan produk susu.

4. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan pepaya. Makana itu misalnya asinan kubis, kimchi, atau acar yang mengandung probiotik dan enzim yang dapat berinteraksi dengan enzim pepaya.

Karena itu, kombinasi makanan fermentasi dengan pepaya berpotensi mengganggu pencernaan atau menyebabkan gangguan gastrointestinal.

Editor: Riki Chandra

Tag:  #bahaya #jangan #makan #pepaya #bersamaan #dengan #buah #buahan #makanan

KOMENTAR