Makna Mendalam Slogan HUT Kemerdekaan RI ke-79: Nusantara Baru, Indonesia Maju
Slogan HUT Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agusutus 2024. (Dok. Kemsetneg)
18:54
26 Juli 2024

Makna Mendalam Slogan HUT Kemerdekaan RI ke-79: Nusantara Baru, Indonesia Maju

Setiap tahun, peringatan HUT Kemerdekaan RI selalu membawa semangat baru bagi seluruh rakyat Indonesia. Pada peringatan HUT ke-79 RI tahun ini, tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" menjadi sorotan utama. Apa ya maknanya?

Mengutip situs Kementerian Sekretaris Negara, slogan ini mengandung makna yang sangat kaya, mengajak kita untuk merefleksikan perjalanan bangsa dan menatap masa depan dengan penuh optimisme.

Dalam konteks keberagaman yang kita miliki, semangat persatuan menjadi kunci untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera. "Nusantara Baru" mengisyaratkan adanya transformasi besar yang sedang dan akan terus berlangsung, sementara "Indonesia Maju" menggambarkan cita-cita bangsa untuk menjadi negara yang lebih maju di segala bidang.

Dalam perjuangan yang baru ini, Indonesia tetap berpegang pada nilai-nilai luhur dengan memperhatikan kodrat alam dan budaya. Melalui tema dan logo HUT ke-79 RI, diharapkan seluruh rakyat Indonesia dapat merenungkan dan menyadari pentingnya persatuan, semangat kebangsaan, serta komitmen untuk terus maju bersama.

Baca Juga: Dapat Laporan Air Sudah Masuk, Jokowi Siap Berkantor di IKN Mulai 28 Juli

Logo HUT ke-79 RI: Simbol Filosofi Kebangsaan

Logo HUT ke-79 RI menampilkan angka "79" dengan tulisan "Nusantara Baru Indonesia Maju," membawa filosofi mendalam yang mencerminkan nilai-nilai kebangsaan dan tujuan nasional.

Negara Kepulauan

Logo ini terdiri dari bagian-bagian terpisah yang melambangkan Indonesia sebagai negara kepulauan, mencerminkan keberagaman dan kekayaan alam Indonesia.

Lambang Negara

Baca Juga: Diminta Tak Ngotot Terbitkan Keppres IKN, Legislator PAN Sentil Moeldoko: Jangan Desak Presiden!

Ujung angka 7 menyerupai paruh Garuda, lambang negara yang mengandung pilar kebangsaan yaitu Pancasila, simbol kekuatan dan kedaulatan negara.

Pertumbuhan Ekonomi

Angka 7 yang menyerupai panah ke kanan atas melambangkan harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor, sebagai upaya menggerakkan perekonomian nasional.

Keberlanjutan

Lengkungan yang saling terhubung dari segala arah menggambarkan prinsip pembangunan berkelanjutan, mengedepankan harmoni antara alam dan perkembangan manusia.

Ekonomi Hijau

Bentuk dahan dan daun dari angka 9 mewakili prinsip pembangunan yang berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam dan budaya lokal.

Persatuan dan Harapan

Kaki angka 7 dan 9 terbuat dari bentuk yang sama, membentuk dua tangan yang bersatu sebagai simbol persatuan masyarakat Indonesia, meskipun memiliki pendapat yang berbeda-beda.

Kesetaraan

Dua gelombang dengan arah yang sama di atas dan di bawah merepresentasikan tujuan Indonesia untuk desentralisasi dan pemerataan pembangunan demi mencapai kesetaraan.

Untuk mendukung kampanye visual ini, Anda dapat mengunduh logo HUT ke-79 RI dalam berbagai format: JPG, PDF, dan PNG melalui link download berikut:

Link Download Logo HUT RI ke-79 

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #makna #mendalam #slogan #kemerdekaan #nusantara #baru #indonesia #maju

KOMENTAR