Bisnisnya Bangkrut, Segini Gaji Kaesang Pangarep Sebagai YouTuber: 200 Kali Gaji Gibran
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Instagram/kaesangp)
10:17
22 Juli 2024

Bisnisnya Bangkrut, Segini Gaji Kaesang Pangarep Sebagai YouTuber: 200 Kali Gaji Gibran

Kaesang Pangarep tidak hanya dikenal sebagai putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), tetapi juga pebisnis. Namun dalam beberapa tahun terakhir, bisnis suami Erina Gudono ini banyak yang bangkut, khususnya bisnis di bidang kuliner.

Situasi itu dinilai membuat Kaesang kini lebih fokus terjun ke dunia politik dengan menjabat sebagai Ketua Umum PSI. Selain itu, kakak Gibran Rakabuming Raka ini juga belakangan sangat aktif menjadi YouTuber.

Berdasarkan pantauan Suara.com, Kaesang terpantau rajin mengunggah konten-konten di akun YouTube resminya yang bernama Kaesang Pangarep by GK Hebat.

Hingga berita ini dipublikasikan, akun YouTube Kaesang sudah mendapatkan 2,53 juta subscribers. Adapun adik ipar Wali Kota Medan Bobby Nasution ini terpantau sudah mengunggah 351 video di akun YouTube.

Baca Juga: Riwayat Pendidikan Kiky Saputri, 'Dirujak' Gegara Kini Sering Kritik Pemerintah

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Instagram/kaesangp)Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Instagram/kaesangp)

Konsep akun YouTube Kaesang ini seperti podcast. Dalam setiap video, Kaesang akan mengundang publik figur untuk berbincang-bincang bersama.

Menariknya, publik figur yang diundang Kaesang lebih banyak dari dunia entertainment, alih-alih politik. Sebut saja peramal Hard Gumay, komika Kiky Saputri, Sarwendah hingga Thariq Halilintar.

Tentu rentetan bintang tamu di akun YouTube Kaesang itu sangat mendulang keuntungan. Apalagi, setiap video Kaesang selalu mendapatkan minimal ratusan ribu views.

Lantas berapakah gaji Kaesang sebagai YouTuber?

Penghasilan Kaesang Pangarep sebagai YouTuber (Tangkapan layar/socialblade)Penghasilan Kaesang Pangarep sebagai YouTuber (Tangkapan layar/socialblade)

Berdasarkan aplikasi socialblade, Kaesang mendapatkan gaji sebesar $1.9K hingga $29.7K per bulan. Nominal itu jika dirupiahkan (dengan kurs Rp16.214 per dolar AS) adalah sekitar Rp30.807.455 Rp481.569.165 setiap bulan.

Baca Juga: Bukan di Jakarta, Kaesang Diramal Menang Jika Maju Pilkada Jateng: Pesaing Mending Mundur!

Pendapatan Kaesang yang menembus tiga digit itu tentu melampaui anggota keluarganya yang terjun ke dunia politik. Seperti sang ayah dan kakaknya, Jokowi dan Gibran.

Gaji Jokowi sebagai Presiden RI adalah sebesar Rp30.240.000 per bulan. Sementara itu, kakak Kaesang, Gibran sempat mendapatkan gaji sebesar Rp2,17 juta per bulan selama menjabat sebagai Wali Kota Solo. 

Gaji Gibran sendiri bakal naik setelah resmi dilantik sebagai Wakil Presiden RI periode 2024-2029, yakni sebesar Rp20,16 juta per bulan. Namun meski bakal naik, nyatanya gaji Gibran sebagai Wapres RI tetap kebanting jauh dengan pendapatan Kaesang sebagai YouTuber.

Jika mengacu pada gaji Walkot Solo, maka gaji Gibran 200 kali lebih sedikit dari pendapatan maksimal Kaesang sebagai YouTuber.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #bisnisnya #bangkrut #segini #gaji #kaesang #pangarep #sebagai #youtuber #kali #gaji #gibran

KOMENTAR