Profil Dicky Chandra, Karier Artis hingga Sepak Terjangnya di Politik dan Kini Maju Pilwakot Tasikmalaya
Dicky Chandra. [Dok.Istimewa]
06:29
18 Juli 2024

Profil Dicky Chandra, Karier Artis hingga Sepak Terjangnya di Politik dan Kini Maju Pilwakot Tasikmalaya

Nama Dicky Chandra tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Ya, selain aktor, ia juga dikenal sebagai sebagai komedian multitalenta yang juga menjadi sutradara film.

Kabar terbaru, Dicky Chandra bakal ikut berlaga menjadi bakal calon Wali Kota Tasikmalaya di Pilkada 2024 mendatang. Lantas, siapakah Dicky Chandra?

Melansir dari sejumlah sumber, nama aslinya adalah Raden Diky Candranegara. Di panggung hiburan Tanah Air, ia dikenal dengan Dicky Chandra, Diky Candra dan Diky Chandra.

Dicky Chandra lahir di Tasikmalaya pada tanggal 12 Mei 1974. Dia menempuh pendidikan di SD Negeri Citapen I Tasikmalaya (1981-1987), SMP Negeri 2 Tasikmalaya (1987-1990), dan SMA Negeri 2 Tasikmalaya (1990-1993). Semasa sekolah, Dicky Chandra pernah Juara 1 hingga juara umum.

Terjun ke Dunia Entertaiment

Sebelum menjadi komedian, Dicky Chandra mengawali debut kariernya di entertaiment sebagai seorang penyanyi. Namun, jalur tarik suara tersebut gagal hingga akhirnya beralih ke dunia akting di sinetron.

Dalam kariernya, Dicky Chandra pernah bermain dalam sinetron Srikhanti, Lorong Waktu (1 dan 2), Titip Rindu Buat Ayah, Bidadari Yang Terluka, Arjuna Mencari Cinta, Jaka Sembung serta Romi dan Yuli.

Dicky Chandra juga meramaikan acara lawak di televisi, seperti Ketoprak Humor (RCTI), Ludruk Kirun (TPI), Gelatak-Gelitik Campur Sari (TVRI), hingga Komedi TopLes (RCTI).

Terjun ke Politik

Tahun 2008, Dicky Chandra maju sebagai calon Wakil Bupati Garut mendampingi Aceng H.M. Fikri. Pasangan itu maju lewat jalur perseorangan dan meraih kemenangan dengan memperoleh 535.289 suara atau 54,29 persen saat itu. Mereka pun dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Garut periode 2009-2013 pada 23 Januari 2009.

Di tengah perjalanan, Dicky Chandra tiba-tiba mundur dari jabatan Wakil Bupati Garut. Ia mundur karena mengaku tidak cocok dengan bupati. Kemudian, terbatasnya peran wakil bupati dan juga menyinggung belanja penunjang operasional kepala daerah. Dicky Chandra resmi diberhentikan dengan hormat dari jabatan Wakil Bupati Garut pada 5 Desember 2011.

Setelah itu, Dicky kembali ke panggung hiburan Tanah Air. Lalu, ia kembali maju menjadi calon Wali Kota Tasikmalaya pada Pilkada 2017 bersama pasangannya, Denny Romdony. Keduanya diusung PDIP dan PBB. Sayangnya, Dicky Chandra gagal menang dalam Pilkada tersebut.

Kini, Dicky Chandra akan kembali mencoba peruntungan di jalur politik dengan maju menjadi bakal calon Wali Kota Tasikmalaya pada Pilkada 2024. Itulah sedikit gambaran tentang profil dan karier keartisan Dicky Chandra hingga jalan politiknya.

Editor: Riki Chandra

Tag:  #profil #dicky #chandra #karier #artis #hingga #sepak #terjangnya #politik #kini #maju #pilwakot #tasikmalaya

KOMENTAR