Cek Wetonmu! Apakah Kamu Termasuk Pemilik 11 Weton yang Dilarang Keluar di Malam 1 Suro?
Cek Wetonmu! Apakah Kamu Termasuk Pemilik 11 Weton yang Dilarang Keluar di Malam 1 Suro? (pixabay/geralt)
16:39
4 Juli 2024

Cek Wetonmu! Apakah Kamu Termasuk Pemilik 11 Weton yang Dilarang Keluar di Malam 1 Suro?

Dalam Budaya Jawa, malam 1 Suro merupakan malam sakral sehingga ada kepercayaan agar tidak keluar rumah. Larangan tersebut diberlakukan terutama kepada pemilik weton yang disebut dengan Tulang Wangi. Ketahui weton apa saja yang tidak boleh saat malam 1 Suro tersebut di sini.

Dalam terminologi Budaya Jawa terdapat istilah Weton Tulang Wangi yang menggambarkan seseorang memiliki daya tarik khusus terhadap makhluk halus atau makhluk gaib. Orang-orang yang lahir dengan weton tulang wangi diyakini memiliki sensitivitas tinggi terhadap dunia gaib. Mereka mampu merasakan bahkan ada yang bisa melihat hal-hal yang tak bisa dijangkau indera manusia.

Orang-orang yang lahir dengan weton Tulang Wangi juga memiliki aura atau aroma yang menarik perhatian makhluk halus. Namun, dalam kehidupan, orang-orang dengan Weton Tulang Wangi juga dianugerahi sifat-sifat kepmimpinan yang kuat, kreativias, dan bakat dalam berbagai bidang.

Pada malam 1 Suro, mereka sangat dilarang keluar rumah agar tidak bersentuhan dengan makhluk gaib yang berkeliaran di muka bumi. Sebab, pada malam 1 Suro, masyarakat Jawa meyakini bahwa pintu dunia gaib sedang terbuka sehingga batas antara dunia manusia dan dunia gaib menipis. Dalam keadaan ini, makhluk halus dapat bergerak bebas di dunia manusia.

Baca Juga: Sengkolo di Malam Satu Suro Artinya Apa? Pemilik 5 Weton Ini Siap-siap Jadi Incaran!

Berikut 11 Weton Tulang Wangi yang dilarang keluar saat malam 1 Suro.

1. Weton Senin Kliwon

Seseorang yang lahir dengan weton Senin Kliwon dipercaya disukai oleh makhluk halus, seperti khodam leluhur. Dikarenakan ia peka dengan khodam leluhur, itu juga memiliki risiko disukai makhluk halus lain di luar leluhur. Karenanya dilarang keluar rumah.

2. Weton Senin Wage

Seseorang yang lahir dengan weton Senin Wage memiliki karakter lakuning geni. Mereka sangat ambisius, mandiri, dan berani. Ia gigih dalam mencapai tujuan sehingga mereka juga rentan dengan energi negatif yang ingin memanfaatkan semangat tersebut.

3. Weton Selasa Legi

Seseorang yang lahir dengan Weton Selasa Legi memiliki kecenderungan mudah tersulut emosi dan ambisus. Emosinya yang mudah meledak-ledak bisa menjadi celah untuk roh atau makhluk halus masuk ke tubuh mereka.

4. Weton Rabu Pahing

Seseorang yang lahir dengan Weton Rabu Pahing memiliki hati tulus dan dapat menarik rezeki. Ia memiliki kecerdasan tinggi, gigih, dan juga disiplin. Jika dia memiliki sesuatu, dia akan berusaha meraihnya tanpa bergantung pada orang lain. Pendiriannya kuat. Akan tetapi, ia rentan terseret arus negatif apabila kecewa. Dalam keadaan seperti itu, ia dipercaya menjadi mudah 'disentuh' dunia gaib. Karenanya tidak boleh keluar pada malam 1 suro agar tidak tersentuh dunia gaib, sebab jika tersentuh, ia lebih mudah dikuasai makhluk gaib.

Baca Juga: Kapan Malam 1 Suro 2024 Hari Apa? Siap-siap, Patuhi Larangannya Agar Tidak Sial!

5. Weton Rabu Kliwon

Seseorang yang lahir dengan Weton Rabu Kliwon memiliki watak seperti lakuning srengenge. Mereka dapat memberikan cahaya dan harapan bagi orang lain. Sifat welas asih mereka bisa membuat mereka rentan dimanfaatkan oleh makhluk halus.

6. Weton Kamis Wage

Seseorang yang lahir dengan weton Kamis Wage, memiliki sifat keras kepala dan mudah marah, tapi sangat baik hati. Kebaikannya bisa dengan mudah dimanfaatkan oleh makhluk halus yang mencoba meraih keuntungan dari kebaikannya.

7. Weton Minggu wage

Seseorang yang lahir dengan weton Minggu Wage dipercaya memiliki watak bintang yang pendiam tapi punya banyak teman dan bijaksana. Kebijaksaannnya sampai dapat menjadi target makhluk halus yang mencoba masuk ke dunia manusia.

8. Weton Minggu Kliwon

Seseorang yang lahir dengan Weton Minggu Kliwon dipercaya diselimuti kekuatan misterius, sensitif, penuh kekuatan, dan wawasan luas. Hal itu menjadikannya semakin sensitif terhadap dunia makhluk gaib.

9. Weton Senin Pahing

Seseorang yang lahir dengan Weton Senin Pahing suka menyendiri dan tertutup. Mereka tidak suka dengan kermaaian. Meskipun begitu seseorang dengan Weton Senin Pahing memiliki rasa tolong menolong yang sangat tinggi, sehingga dikhawatirkan ia akan mudah merasa iba kepada makhluk halus yang meminta tolong di malam 1 Suro, karenanya mereka dilarang keluar di malam 1 Suro.

10. Weton Sabtu Wage

Seseorang yang lahir dengan Weton Sabtu Wage memiliki sifat tertutup, sehingga sering dipandang remeh. Padahal sebenarnya mereka mandiri, tangguh, tekun, dan pekerja keras. Namun kelemahannya adalah sifat tertutupnya membuatnya mudah diganggu makhluk halus.

11. Weton Sabtu Legi

Seseorang yang lahir dengan Weton Sabtu Legi dipercaya sakti mandraguna. Ia selalu diselimuti keberuntungan. Sifatnya dermawan, murah hati, dan senang berbagi. Namun, sifat ini justru menjadi target makhluk halus yang berusaha mengambil energi mereka.

Demikian itu informasi weton apa saja yang tidak boleh keluar saat malam 1 Suro.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #wetonmu #apakah #kamu #termasuk #pemilik #weton #yang #dilarang #keluar #malam #suro

KOMENTAR