Minuman Serat Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama dan Berat Badan Terkontrol?
Ilustrasi sajian minuman fiber kaya serat (Freepik)
18:41
2 Juli 2024

Minuman Serat Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama dan Berat Badan Terkontrol?

Pentingnya serat dalam menjaga kesehatan pencernaan telah lama diakui oleh para ahli kesehatan. Serat membantu mengoptimalkan fungsi usus, menjaga berat badan, dan dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan lainnya. 

Sayangnya, mengacu pada data Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Departemen Kesehatan RI, disebutkan bahwa rata-rata konsumsi serat masyarakat Indonesia hanya 10,5 gram per hari. 

Padahal, kebutuhan tubuh terhadap asupan serat mencapai 20-35 gram setiap harinya. Data riset Kementerian Kesehatan RI pada 2023 juga mencatat bahwa 96,7 persen masyarakat Indonesia masih kurang mengkonsumsi sayur dan buah.

Selain dari sumber serat berupa buah-buahan dan saturan yang asli, minuman tinggi serat bisa membantu memenuhi kebutuhan serat harian dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Salah satunya adalah Fibby dari WRP Indonesia. 

Baca Juga: 3 Hal yang Bisa Lakukan untuk Mencegah Gula Darah Naik saat Lebaran

Minuman terbuah ini dari delapan ekstrak buah dan sayuran, seperti Apel, jambu, markisa, jeruk, wortel, asparagus, bayam, dan brokoli. CEO WRP Indonesia Kwik Wan Tien mengatakan, jika minuman serat ini juga didukung dengan adanya kandungan serat pangan tinggi.

Di antaranya adalah Inulin yang berguna untuk mempertahankan dan memelihara fungsi saluran pencernaan, serta serat pangan Psyllium Husk yang bisa mengurangi respon glikemik dan menurunkan kadar gula darah setelah makan. 

"Kedua kombinasi ini bisa memenuhi kebutuhan serat harian tubuh sehingga dapat membantu mendapatkan kulit lebih sehat dan bersinar," ujarnya seperti yang Suara.com kutip dari siaran pers baru-baru ini.

Kandungan serat tinggi ini bahkan turut membantu memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga bisa mengurangi keinginan untuk makan secara berlebihan. 

"Dengan demikian, walaupun Fibby tidak akan langsung menyebabkan penurunan berat badan, namun mengkonsumsinya secara rutin dapat membantu mengontrol nafsu makan dan memperlancar pencernaan, sehingga dalam jangka panjangnya bisa mendukung wanita Indonesia mendapatkan figure yang ideal, serta meningkatkan kesehatan kulit tubuh dan wajah,” tambah Wan Tien.

Baca Juga: Pemakaian Serat Kain Ramah Lingkungan Penting Untuk Wujudkan Fesyen Berkelanjutan

Selain itu, minuman ini juga telah diformulasikan tanpa gula sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan vitamin pun telah melengkapi formulasinya, seperti vitamin B1 untuk kinerja metabolisme, vitamin B3 untuk kesehatan kulit, kandungan vitamin B6 sebagai sumber energi harian, serta Vitamin C sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh mengurangi resiko penyakit.

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #minuman #serat #bisa #bikin #kenyang #lebih #lama #berat #badan #terkontrol

KOMENTAR